Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an Demak

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an Demak

PROFIL

Pondok pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an didirikan oleh seorang ulama’ yang memiliki sejarah dan nasab yang cemerlang. Beliau adalah KH. R. Muhammad, putra dari KH. Mahfudz At-Tarmasi, seorang ulama’ Jawa yang aktif dalam percaturan pemikiran ulama-ulama Timur Tengah pada abad ke-18 M.

Kedalaman dan keluasan ilmu KH. Mahfudz membuat ia di percaya untuk menjadi mufti di Makkah dan mengajar di Masjidil Haram. Keagungannya tampak memberikan pengaruh tersendiri bagi putranya. Apalagi sejak kecil, R. Muhammad, sang putra sudah terbiasa mengikuti ayahnya ketika mengajar di Masjidil Haram serta melakukan thawâf di Baitullâh. Hal itu ternyata membangkitkan cintanya terhadap ilmu-ilmu agama.

Suatu ketika datang seorang santri yang hendak menimba ilmu kepada KH. Mahfudz. Orang itu adalah KH. Munawir yang kelak menjadi pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Saat itu KH. Munawir sedang menunaikan ibadah haji bersama istrinya. Begitu menyadari bahwa santri tersebut mampu mengkhatamkan al-Qur’an dengan sekali thawaf, KH. Mahfudz berpesan pada putranya agar mampu menirunya.

Pada saat R. Muhammad berusia 9 tahun, KH. Mahfudz berpulang ke Rahmatullah, sehingga R. Muhammad menjadi yatim piatu. Sementara Muslimah, ibunya yang berasal dari Demak, telah wafat terlebih dahulu dan dimakamkan di Demak. Sedangkan KH. Mahfudz dimakamkan di Makkah. Menurut keterangan yang disampaikan Syekh Thohir kepada KH. Muhdi Taslim (adik ipar R. Muhammad), ketika menunaikan ibadah haji tahun 1963 M, jasad KH. Mahfudz masih utuh. Hal itu diketahui ketika makam tersebut digali untuk dipindahkan ke tempat lain, akhirnya, menurut Syekh Thohir, pemindahan itu tidak jadi dilakukan karena tidak mungkin memindahkan makam orang yang selalu dijaga oleh Allah.

Dengan meniggalnya kedua orang tua, R. Muhammad akhirnya dibawa boyong ke Tanah Air, oleh KH. Munawwir, seusai melaksanakan ibadah haji dan menimba ilmu kepada KH. Mahfudz meskipun tidak lama. Hal itu dilakukan oleh KH. Munawwir karena beliau telah diwasiati oleh KH. Mahfudz untuk mendidik anaknya di bidang hafalan Al Qur’an. Sesampai di Tanah Air, kemudian beliau diserahkan oleh KH. Munawwir kepada KH. Dimyati, kakak KH. Mahfudz, yang merupakan pengasuh Pondok Tremas saat itu, KH. Dimyati menyerahkan R. Muhammad kepada KH. Munawwir untuk dididik menghafal al-Qur’an.

Kemudian, R. Muhammad diambil KH. Munawwir sebagai anak angkat yang sangat disayangi, bahkan seakan melebihi kasih sayang terhadap putra-putranya sendiri. Selama kurang lebih 4 tahun, beliau belajar di Pondok Krapyak, Yogyakarta. Setelah menimba ilmu disana, beliau diserahkan kembali kepada sang paman, KH. Dimyati di Pondok Tremas.

Di Pondok tersebut, R. Muhammad diasuh dan diawasi langsung oleh KH. Dimyati dan dibantu oleh KH. Ali Ma’shum, putra KH. Ma’shum dari Lasem, yang menjadi menantu KH. Munawwir. Kemudian, setelah cukup banyak ilmu agama yang dikuasai, KH. Dimyati memerintahkannya untuk ber-tabarrukan kepada KH. Ma’shum Lasem.

Ketika usia R. Muhammad menginjak remaja, beliau sering berkunjung ke Demak untuk menyambung tali silaturrahmi dengan keluarga besar ibundanya. Pada masa itu pula, kurang lebih sekitar tahun 1920 M, di Demak hiduplah seorang ulama hâfidz al-Qur’an bernama kyai Ali Hafizh yang biasa di panggil Kyai Apil. Ia amat dikenal dan dihormati oleh masyarakat Demak.

Apalagi pada saat itu, ulama yang hafidz al-Qur’an memang masih sedikit sekali. Namun, pada sekitar tahun 1920 M itu juga, ia meninggal dunia. Seorang saudagar Demak, H. taslim, yang merupakan teman dekat Kyai Apil, sangat merasa kehilangan. Karena itulah, ia pun berkeinginan untuk mendapatkan seorang menantu hafizh yang dapat mengajarkan Al Qur’an kepada masyarakat Demak.

Tidak berlangsung lama, keinginan H. Taslim tersebut akhirnya terwujud. Teryata keponakannya, R. Muhammad, adalah seorang remaja yang hafidz al-Qur’an sekaligus menguasai ilmu-ilmu agama. Dia pun menaruh simpati kepadanya. Karena itulah, ia berusaha agar bisa menjodohkannya dengan salah seorang putrinya yang bernama Fathimah. Akhirnya usaha dan do’a ia dikabulkan oleh Allah SWT, R. Muhammad dapat diambil sebagai menantu.

Setelah menjadi menantu H. Taslim, R. Muhammad masih mengajar di Pondok Tremas selama satu tahun. Setelah itu beliau pulang ke rumah mertuanya di Demak. Kepulangannya disertai pula oleh santri-santrinya yang menghafalkan al-Qur’an di Tremas. Kurang lebih tiga tahun beliau tinggal bersama mertua sambil mengajarkan ilmu yang beliau kuasai, terutama ilmu al-Qur’an kepada para muridnya.

Melihat semakin banyaknya santri yang belajar kepadanya. H. Taslim, sang mertua, dan masyarakat sekitar, mendorong beliau untuk mendirikan pondok pesantren. Hal itu juga guna menampung para santri yang sebagian bertempat di rumah mertuanya dan sebagian di rumah-rumah penduduk. Akhirnya pada tahun 1936, beliau mendirikan sebuah pesantren di daerah Betengan Bintoro Demak. Pendirian pesantren tersebut juga atas restu dari guru-gurunya, yaitu KH. Ma’shum Lasem, KH. Masyur Popongan Klaten, dan KH. Munawwir Krapyak Yogyakarta.

Pesantren ini diberi nama oleh KH. Munawwir dengan “Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an” yang berarti taman para perindu al Qur’an. Disinilah beliau kemudian hidup mandiri mengembangkan ilmu-ilmu yang di perolehnya. Di sini pula, KH.R Muhammad membangun rumah tangga bersama istri tercinta yang kelak memberinya enam orang putra.

Dengan berpindah ke tempat tersebut, beliau mengajarkan al-Qur’an kepada para santri dengan sungguh-sungguh bahkan kebanyakan kehidupannya dicurahkan untuk mendidik para santri, beliau dikenal sangat disiplin. Beliau selalu hadir di majlis pengajian dengan tepat waktu dan tidak mengakhiri pengajian sebelum jam yang ditetapkan.

Lebih-lebih pada bulan Ramadhan, kedisiplinan beliau selalu ditekankan. Beliau juga mengajarkan santrinya untuk selalu rajin (mempeng = Jawa) yang merupakan salah satu modal utama guna meraih kesuksesan menuntut ilmu. Bahkan, salah satu santrinya menjabarkan ajaran tersebut kepada penulis, “Ibarate seliramu sedino ngendok peng limo, iku luweh apik tenimbang seliramu samben dino poso, ning tura-turu tok!” dalam bahasa Indonesia kira-kira maksudnya adalah “Ibarat kamu sehari masak/makan lima kali asal mau rajin serta sungguh-sungguh dalam belajar, maka hal itu lebih baik daripada kamu setiap hari puasa tapi hanya tidur saja!”

Disamping kesibukan mengajar para santri, KH. R. Muhammad selalu menyempatkan diri untuk menghatamkan al-Qur’an dalam sehari. Bahkan, dari beberapa keterangan yang penulis terima, ia terbiasa menghatamkan al-Qur’an 30 juz dalam waktu yang relatif singkat, yaitu lebih kurang tiga puluh menit.

Kemudian pada tahun 1975 M, beliau berpulang ke Rahmatullah, menghadap Allah SWT. Namun, ketika masih dalam keadaan sakit, beliau sempat berwasiat kepada adik iparnya yang bernama KH. Muhdi Taslim untuk meneruskan Pondok Pesantren BUQ ini. Pada waktu itu, beliau di karuniai empat orang anak, tiga orang perempuan dan satu orang laki-laki. Anak lelaki satu-satunya tersebut merupakan anak bungsu dan bernama Harir Muhammad. Ia baru berusia satu tahun ketika di tinggal wafat ayahnya, KH. R. Muhammad.

Sepeninggal KH. Raden Muhammad, KH. Muhdi Taslim meneruskan Pondok Pesantren BUQ ini sampai tahun 1975. Pada pertengahan masa kepemimpinannya, sekitar tahun 1975, KH. Muhdi Taslim dibantu oleh menantu KH. Muhammad yang bernama KH. Abdullah Zainuri. Pada masa kepemimpinan KH. Muhdi Taslim inilah berdiri Pondok putri.

Seiring waktu terus berlalu, anak bungsu KH. R. Muhammad, yaitu Harir Muhammad pun telah dewasa. Beliau telah menjadi seorang hâfizh dan menguasai pengetahuan agama yang cukup usai menimba ilmu di beberapa pesantren. Beliau kemudian pulang ke Betengan pada tahun 1975. kepulangannya ke Betengan, beliau di amanati KH. Muhdi Taslim untuk meneruskan pesatren peninggalan ayahnya sampai sekarang.
Pendiri
KH. R. Muhammad
Pengasuh
1. R. Muhammad
2. KH. Muhdi Taslim
3. KH.Harir Muhammad
4. KH. Inam Attaqi Muhdi (putra KH. Muhdi Taslim)
5. KH. Muhammad Mahfudz (Putra pertama KH. Harir Muhammad)
6. KH. Mashum Sofa Harir (putra kedua KH. Harir Muhammad)
7. KH. M. Abdulloh Salam (Putra Menantu KH. Harir Muhammad)
8. KH. Harir Muhammad (Pondok SMP BUQ Demak)

PENDIDIKAN
Pendidikan  Formal
1.SDI BUQ
2. SMP BUQ
Pendidikan  Non Formal
1. TPQ/TPA
2. Madrasah Diniyah
 

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Qori'ah
5. Hadroh
6. Kaligrafi
7. Bahasa Jawa
8. Bahasa Inggris
9. Bahasa Arab
10. Jurnalistik
11. Pencak Silat Pagar Nusa
12. Pramuka
13. PMR
14. Futsal
15. Badminton
16. Renang
17. Takraw
18. Catur
19. Tenis Meja
20. Atletik

 


Khotmil Qur'an di pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an


Pramuka di pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an

 
FASILITAS

Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an memiliki fasilitas meliputi:
1. Asrama Santri
2. Gedung sekolah : SDI BUQ dan SMP BUQ
3. Pesantren
4. Kantor
5. Pos Kesehatan/UKS
6. Tempat Ibadah
7. Aula
8. Laboratorium Komputer
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Laboratorium Bahasa
12. Perpustakaan
13. Koperasi Pesantren
14. Kantin
15. Sarana Alat Olahraga
16. Sarana Alat Musik
17. MCK dan Sanitasi
 
 

Gedung sekolah di pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an
 

Gedung pesantren di pesantren Bustanu Usysyaqil Qur'an
 

ALAMAT
|Jl. Sunan Kalijaga No.35, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Telepon: (0291) 685802
Kode Pos: 59517

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA



 

 

Relasi Pesantren Lainnya