Biografi Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan

 
Biografi Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan

Daftar Isi Biografi Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Nasab
2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Guru-guru
3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Silsilah Thariqah dan Bai’at Beliau
3.2  Kegiatan-kegiatan Beliau
3.3  Peranan Habib Luthfi di Nahdlatul Ulama
3.4  Sosok Pendiri Thariqah MATAN
4.    Karier-karier Beliau
5.    Kisah Teladan

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir

Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Habib Luthfi) dilahirkan di Pekalongan tepatnya pada tanggal 10 November 1947 atau pada tanggal 27 Rajab tahun 1367 H. Habib Luthfi ini dilahirkan dari seorang Syarifah yang bernama Sayyidah Al-Karimah as Syarifah Nur.

1.2 Riwayat Keluarga

Dari pernikahan beliau dengan Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, Maulana Habib Luthfi bin Yahya dikarunia lima orang anak, yaitu:

  1. Syarif Muhammad Bahauddin
  2. Syarifah Zaenab
  3. Syarifah Fathimah
  4. Syarifah Ummi Hanik
  5. Syarif Muhammad Husain Syarif Hidayatullah.

1.3 Nasab Beliau

Maulana Habib Luthfi bin Yahya masih keturunan dari Nabi Muhammad Rasulullah SAW, dengan garis silsilah sebagai berikut :

Nasab dari Jalur Ibu

  1. Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wasallam
  2. Sayyidatina Fatimah Az-Zahra + Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah'
  3. Imam Husain Asy-Syahid
  4. Imam Ali Zainal 'Abidin As-Sajjad
  5. Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Imam Ja’far Ash-Shadiq
  7. Imam 'Ali Al-Uraidhi
  8. Imam Muhammad An-Naqib
  9. Imam Isa An-Naqib Ar-Rumi
  10. Imam Ahmad Al-Muhajir Ilallah
  11. Imam Ubaidillah
  12. Imam Alwi Ba’Alawi
  13. Imam Muhammad Shahib Shaumah
  14. Imam Alwi Ats-Tsani
  15. Imam Ali Khali Qasam
  16. Imam Muhammad Shahib Mirbath
  17. Imam Ali
  18. Imam Al-Faqih Muqaddam Muhammad Ba’Alawi
  19. Imam Alawi
  20. Imam Ali
  21. Imam Abdurrahman Mawladdawilah
  22. Imam Sahal
  23. Imam Muhammad
  24. Imam Salim
  25. Imam Al-Kabir Abdullah
  26. Imam Alawi
  27. Imam Muhammad
  28. Imam Alawi
  29. Imam Hasan
  30. Imam Muhsin
  31. Imam Shalih
  32. Al-Habib Salim
  33. Al-Habib Muhsin
  34. Al-Hubabah Nur
  35. Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

Nasab dari Jalur Ayah

  1. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam
  2. Sayyidatina Fatimah Az-Zahra + Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib Karramalahu Wajhah'
  3. Imam Husain Asy-Syahid
  4. Imam Ali Zainal 'Abidin As-Sajjad
  5. Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Imam Ja’far Ash-Shadiq
  7. Imam 'Ali Al-Uraidhi
  8. Imam Muhammad An-Naqib
  9. Imam Isa An-Naqib Ar-Rumi
  10. Imam Ahmad Al-Muhajir Ilallah
  11. Imam Ubaidillah
  12. Imam Alwi Ba’Alawi
  13. Imam Muhammad Shahib Shaumah
  14. Imam Alwi Ats-Tsani
  15. Imam Ali Khali Qasam
  16. Imam Muhammad Shahib Mirbath
  17. Imam Ali
  18. Imam Al-Faqih Muqaddam Muhammad Ba’Alawi
  19. Imam Alwi Al-Ghuyyur
  20. Imam Ali Maula Darrak
  21. Imam Muhammad Mawladdawilah
  22. Imam Alwi An-Nasiq
  23. Al-Habib Ali
  24. Al-Habib Hasan
  25. Al-Imam Yahya Ba’Alawi
  26. Al-Habib Ahmad
  27. Al-Habib Syekh
  28. Al-Habib Muhammad
  29. Al-Habib Thaha
  30. Al-Habib Muhammad Al-Qadhi
  31. Al-Habib Thaha
  32. Al-Habib Hasan
  33. Al-Habib Thaha
  34. Al-Habib Umar
  35. Al-Habib Hasyim
  36. Al-Habib Ali
  37. Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

Setelah memperoleh didikan langsung dari kedua orangtuanya, pada usia 12 tahun Habib Luthfi kecil mulai mengembara mencari ilmu.

Pada usia itu beliau ikut pamannya, Habib Muhammad di Indramayu Jabar. Sejak itu beliau keluar masuk pesantren. Tak lama nyantri di Bandakerep Cirebon, Habib Luthfi mendapatkan beasiswa belajar ke Hadramaut. Tiga tahun di sana, beliau kembali ke tanah air, nyantri lagi ke sejumlah pesantren, yaitu Ponpes Kliwet Indramayu, Tegal (Kyai Said), Purwokerto (Kyai Muhammad Abdul Malik Bin Muhammad Ilyas Bin Ali).

Beliau juga pernah berguru kepada seorang ulama besar asal Lasem Rembang, Mbah Kyai Ma’shum.

Pendidikan pertama Maulana Habib Luthfi diterima dari ayah al Habib Al-Hafidz ‘Ali Al-Ghalib. Selanjutnya beliau belajar di Madrasah Salafiah. Guru-gurunya di Madrasah itu di antaranya:

  1. Al-'Alim Al-‘Alamah Sayyid Ahmad bin ‘Ali bin Al-Alamah Al-Qutb As-Sayyid ‘Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas
  2. Sayyid Al- Habib Al-‘Alim Husain bin Sayyid Hasyim bin Sayyid Umar bin Sayyid Thaha bin Yahya (paman Habib Luthfi)
  3. Sayyid Al- ‘Alim Abu Bakar bin Abdullah bin ‘Alawi bin Abdullah bin Muhammad Al- ‘Athas Bâ ‘Alawi
  4. Sayyid ‘Al Alim Muhammad bin Husain bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al- ‘Athas Bâ ‘Alawi.

Dari guru-guru tersebut beliau mendapat ijazah Khas (khusus), dan juga ‘Am (umum) dalam Da’wah dan Nasyru Syari’ah (menyebarkan syari’ah), Thariqah, Tashawuf, kitab-kitab hadits, tafsir, sanad, riwayat, dirayat, nahwu, kitab-kitab tauhid, tashwuf, bacaan-bacaan Aurad, Hizib-hizib, kitab-kitab shalawat, kitab thariqah, sanad-sanadnya, nasab, kitab-kitab kedokteran. Dan beliau juga mendapat ijazah untuk membai’at.

2.1 Guru-guru Beliau

  1. Habib Ali bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (Ayah Habib Luthfi),
  2. Habib Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas (Pekalongan),
  3. Habib Husein bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (Pekalongan),
  4. Habib Abubakar bin Abdullah Al-Attas (Pekalongan),
  5. Habib Hamid Al-Habsyi,
  6. Syekh Ahmad bin Mahfudz,
  7. Habib Muhammad bin Husein bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas (Pekalongan),
  8. Syekh Muhammad Kaukab bin Muslim (Benda Kerep Cirebon),
  9. Syekh Muhtadi bin Muslim (Benda Kerep Cirebon),
  10. Syekh Arsyad bin Muhammad Amin (Benda Kerep Cirebon)
  11. Syekh Muhammad Bajuri (Sudimampir Balongan Indramayu)
  12. Syekh Masyhadi bin Muslim bin Utsman (Karangampel Indramayu),
  13. Habib Sholeh bin Abdullah Al-Hinduan (Karangampel Indramayu),
  14. Habib Abubakar bin Abdullah Ba’abud (Indramayu),
  15. Habib Alwi bin Yusuf bin Ahmad Bin Yahya (Indramayu),
  16. Habib Muhammad bin Thoha bin Umar Bin Yahya (Indramayu),
  17. Habib Muhammad bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (Kliwed Kertasemaya Indramayu),
  18. Habib Syekh bin Abubakar bin Syekhan Bin Yahya (Jagasatru Cirebon),
  19. Habib Muhammad bin Umar bin Abubakar Bin Yahya (Pegagan Palimanan Cirebon)
  20. Habib Ahmad bin Ismail Bin Yahya (Jenun Arjawinangun Cirebon),
  21. Habib Umar bin Ismail Bin Yahya (Panguragan Cirebon),
  22. Habib Ibrahim bin Ismail Bin Yahya (Gegesik Cirebon),
  23. Habib Idrus bin Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Cirebon),
  24. Habib Ali bin Husein Alattas (Cikini Jakarta),
  25. Habib Umar bin Hud Alattas (Jakarta),
  26. Habib Ali bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas (Pekalongan),
  27. Habib Yahya bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (Pekalongan),
  28. Habib Abdullah bin Salim Al-Maulachailah (Pekalongan),
  29. Habib Zain bin Ali Al-Jufri (Semarang),
  30. Habib Idrus bin Muhammad As-Segaf (Semarang),
  31. Habib Anis bin Alwi bin Ali Al-Habsyi (Solo),
  32. Habib Abdul Qadir bin Abdurrahman Assegaf (Solo),
  33. Habib Umar bin Abdul Qadir Al-Aydrus (Solo),
  34. Habib Ahmad bin Ali Bafaqih (Tempel Sleman Jogjakarta),
  35. Habib Umar bin Thoha Bin Yahya (Surabaya),
  36. Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi (Surabaya),
  37. Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid (Tanggul Jember),
  38. Habib Muhsin bin Hadi Al-Hamid (Beran),
  39. Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih (Malang),
  40. Habib Hasan bin Utsman Bin Yahya,
  41. Habib Utsman bin Alwi bin Utsman Bin Yahya (Jakarta),
  42. Habib Muhammad bin Aqil Bin Yahya (Jakarta),
  43. Habib Ahmad bin Muhammad Al-Haddad (Jakarta),
  44. Habib Abdul Qadir bin Ahmad As-Segaf (Mekkah),
  45. Habib Ahmad Masyhur Al-Haddad (Tarim Yaman),
  46. Syekh Sa’duddin Al-Halabi Ad-Dimasyqi (Mekkah),
  47. Habib Muhammad bin Alwi Al-Maliki (Mekkah),
  48. Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz Bin Syekh Abubakar bin Salim (Tarim Yaman),
  49. Habib Zain bin Ibrahim bin Smith (Madinah),
  50. Habib Muhammad bin Alwi Al-Habsyi (Tarim Yaman),
  51. Habib Hasan bin Salim Al-Attas (Singapura),
  52. Syekh Abdullah Al-Faqih bin Umar Al-Khathib (Singapura),
  53. Habib Ali bin Umar Bafaqih (Negara Bali),
  54. Habib Muhammad Al-Qadhi Al-Kaf (Tegal),
  55. Habib Hasan bin Husein bin Muhammad Al-Haddad (Tegal),
  56. Habib Muhammad bin Ali bin Thoha Al-Haddad (Tegal),
  57. Habib Aqil bin Abdullah Bin Yahya (Kadipaten Majalengka),
  58. Syekh Muhammad bin Abdullah Haujah (Semarang),
  59. Habib Idrus bin Abubakar Al-Habsyi (Surabaya),
  60. Syarifah Zahra binti Abubakar bin Umar Bin Yahya (Surabaya),
  61. Syarifah Khadijah binti Hasyim Bin Yahya (Pekalongan),
  62. Syarifah Syekhun binti Syekh bin Alwi Bin Yahya (Jakarta),
  63. Syekh Abdullah bin Nuh (Bogor),
  64. Syekh Mahfudz bin Anwar (Blado Pekalongan),
  65. Syekh Ali Bamahramah,
  66. Habib Hamid bin Muhammad Al-Hanafi bin Salim Bin Yahya (Mekkah),
  67. Habib Muhammad bin Aqil Bin Yahya (Sokaraja Purwokerto),
  68. Sayyid Syekh Muhammad Abdul Malik bin Ilyas (Kedung Paruk Purwokerto),
  69. Syekh Muzni (Karangcengis Ajibarang Banyumas),
  70. Syekh Ali bin Abubakar Basalamah (Jatibarang Brebes),
  71. Syekh Manshur bin Nawawi (Kalimati Tegal),
  72. Syekh Suhrawardi bin Nawawi (Tegal),
  73. Syekh Said bin Armia (Giren Tegal),
  74. Syekh Abdul Jamil (Pemalang),
  75. Syekh Muhammad Dimyathi bin Nashir (Comal Pemalang),
  76. Syekh Muhammad Nur (Walangsanga Moga Pemalang),
  77. Syekh Muhammad Sholeh Madyani (Kebagusan Comal Pemalang),
  78. Syekh Abdul Fattah bin Thohir (Kradenan Bangkalan),
  79. Syekh Irfan (Kertijayan Pekalongan),
  80. Syekh Ahmad Mudzakir bin Fadholi (Pekalongan),
  81. Syekh Ru’yah (Kaliwungu Kendal),
  82. Syekh Muhammad Ma’shum (Lasem Rembang),
  83. Syekh Abdullah Salam (Kajen Pati),
  84. Syekh Abdullah Hadziq bin Hasbullah (Jepara),
  85. Habib Ali bin Muhammad bin Syihab,
  86. Habib Salim bin Abdullah Asy-Syathiri (Tarim Yaman),
  87. Habib Ali bin Muhammad bin Abdul Qadir Assegaf (Tuban),
  88. Sayyid Afifuddin Al-Jilani,
  89. Sayyid Syekh Muhammad Nadzim Adil Al-Haqqani (Siprus),
  90. Syekh Muhammad bin Abdul Bari Tegal,
  91. Syekh Zuhdi (Cikura Tegal),
  92. Syekh Rais bin Armia (Cikura Tegal),
  93. Syekh Utsman Abid Al--Bamawi Asy-Syadzili,
  94. Habib Aqil bin Muhammad Ba’abud (Purworejo), dan
  95. Habib Abu Bakar Al-‘Adni bin Ali Al--Masyhur (Tarim Yaman).

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Silsilah Thariqah dan Bai’at Beliau

Al-Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Yahya mengambil thariqah dan hirqah Muhammadiah dari para tokoh ulama. Dari guru-gurunya beliau mendapat ijazah untuk membaiat dan menjadi mursyid. Di antara guru-gurunya itu adalah:

Thariqah Naqsyabandiah Khalidiyah dan Syadziliah Al-‘Aliah Dari Al-Hafidz Al- Muhadits Al-Mufasir Al-Musnid Al-Alim Al-Alamah Ghauts Az-Zaman Sayyidi Syekh Muhammad Ash’ad Abd Malik bin Qutb Al-Kabir Al-Imam Al-Alamah Sayyidi Syekh Muhammad Ilyas bin Ali bin Hamid

Sanad Naqsyabandiayah Al-Khalidiyah

Silsilah Sanad Naqsyabandiayah Al-Kalidyah Habib Luthfi sebagai berikut:

  1. Al-Qutb Al-Ghauts Al-Jami’ Sayyidi Syah Muhammad Baha’udin an Naqsyabandi Al-Hasni.
  2. Al-Qutb Al-Ghauts Al- Jami’ Al- Mujadid Maulana Muhammad Khalid
  3. Al-Qutb Al-Arif Sayyid Abdullah Afandi
  4. Al-Qutb Al-Arif Sulaiman Al-Quraimi
  5. Al-Qutb Al-Kabir Sayyid Salaman Zuhdi
  6. Sayyidi Syekh Muhammad Ilyas bin Ali bi Hamid
  7. Sayyidi Syekh Ash’ad Abd Malik
  8. Habib Luthfi bin Yahya

Sanad Thariqah Syadziliyah

Silsilah Sanad Thariqah Syadziliyah Habib Luthfi adalah sebagai berikut:

  1. Mufti Mekah-Madinah Al- Kabir Sayyid Shalih Al-Hanafi ra.
  2. Al-Alim Al-Al Alamah Ahmad An-Nahrawi Al-Maki
  3. Dari Sayyidi Syekh Muhammad Ash’ad Abdul Malik
  4. Habib Luthfi bin Yahya

Sanad Thariqah Al-‘Alawiya Al-‘Idrusyiah Al-‘Atha’iyah Al-Hadadiah dan Yahyawiyah

Sanad Thariqah Al-‘Alawiya Al-‘Idrusyiah Al-‘Atha’iyah Al-Hadadiah dan Yahyawiyah Habib Luthfi sebagai berikut:

  1. Al-Alim Al-Alamah Qutb Al-Kabir Al-Habib ‘Ali bin Husain Al-‘Athas.
  2. Afrad Zamanihi Akabir Aulia Al- Alamah Al-Habib Hasan bin Qutb Al-Ghauts Mufti Al-Kabir Al-Habib Al-Imam ‘Utsman bin Abdullah bin ‘Aqil bin Yahya Bâ ‘Alawi.
  3. Al Ustadz Al- Kabir Al-Muhadits Al-Musnid Sayyidi Al-Alamah Al-Habib Abdullah bin Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih Bâ ‘Alawi.
  4. Al-Alim Al-Alamah Al-Arifbillah Al-Habib Ali bin Sayyid Al-Qutb Al-Alamah Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-‘Athas Bâ‘Alawi.
  5. Al-Alim Al-Arif billah Al-Habib Hasan bin Salim Al-‘Athas Singapura.
  6. Al-Alim Al-Alamah Al-Arif billah Al-Habib Umar bin Hafidz bin Syekh Abu Bakar bin Salim Bâ‘Alawi.

Dari guru-guru tersebut beliau mendapat ijazah menjadi mursyid, hirqah dan ijazah untuk baiat, talqin dzikir khas dan ‘Am.

Thariqah Al-Qadiriyah An-Naqsabandyah

Dari Al-Alim Al-Alamah tabahur dalam Ilmu syaria’at, thariqah, hakikat dan tashawuf Sayyidi Al- Imam ‘Ali bin Umar bin Idrus bin Zain bin Qutb Al- Ghauts Al- Habib ‘Alawi Bâfaqih Bâ ‘Alawi Negara Bali. Sayyid Ali bin Umar dari Al Alim Al- Alamah Auhad Akabir Ulama Sayyidi Syekh Ahmad Khalil bin Abd Lathif Bangkalan. ra.

Dari kedua gurunya itu, Al-Habib Muhammad Luthfi mendapat ijazah menjadi mursyid, hirqah, talqin dzikir dan ijazah untuk bai’at talqin. Jami’uthuruq (semua thariqat) dengan sanad dan silsilahnya: Al-Imam Al-Alim Al-Alamah Al-Muhadits Al- Musnid Al- Mufasir Qutb Al- Haramain Syekh Muhammad Al- Maliki bin Imam Sayyid Mufti Al- Haramain ‘Alawi bin Abas Al- Maliki Al- Hasni Al- Husaini Mekah. Darinya, Maulana Habib Luthfi mendapat ijazah mursyid, hirqah, talqin dzikir, bai’at khas, dan ‘Am, kitab-kitab karangan Syekh Maliki, wirid-wirid, hizib-hizib, kitab-kitab hadits dan sanadnya.

Thariqah Tijaniah

Al-Alim Al-Alamah Akabir Aulia Al-Kiram ra’su Al-Muhibin Ahli bait Sayyidi Sa’id bin Armiya Giren Tegal. Kiyai Sa’id menerima dari dua gurunya; pertama Syekh’Ali bin Abu Bakar Bâsalamah. Syekh Ali bin Abu Bakar Bâsalamah menerima dari Sayyid ‘Alawi Al- Maliki. Kedua Syekh Sa’id menerima langsung dari Sayyid ‘Alawi Al- Maliki. Dari Syekh Sa’id bin Armiya itu Maulana Habib Luthfi mendapat ijazah, talqin dzikir, dan menjadi mursyid dan ijazah bai’at untuk khas dan ‘Am.

3.2 Kegiatan-kegiatan Beliau

Kegiatan dan aktifitas Habib Luthfi bin Yahya diantaranya:

  1. Pengajian Thariqah tiap Jum’at Kliwon pagi (Jami’ul Usul Thariq Al--Aulia).
  2. Pengajian Ihya 'Ulumidin tiap Selasa malam.
  3. Pengajian Fath Al--Qarib tiap Rabu pagi (Khusus untuk ibu-ibu).
  4. Pengajian Ahad pagi, pengajian thariqah (Khusus ibu-ibu).
  5. Pengajian tiap bulan Ramadhan (Untuk santri tingkat Aliyah).
  6. Da’wah ilallah berupa umum di berbagai daerah di Nusantara.
  7. Rangkaian Maulid Kanzus (lebih dari 60 tempat) di kota Pekalongan dan daerah sekitarnya. Dan kegiatan lainnya.

3.3 Peranan Habib Luthfi di Nahdlatul Ulama

Habib Luthfi Bin Yahya ini selain sebagai seorang Ulama, beliau juga aktif dalam organisasi Nahdlatul Ulama sebagai salah satu anggota Syuriyah PBNU.

Selain aktif sebagai salah satu anggota Syuriyah PBNU, beliau juga merupakan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia di Jawa Tengah. Selain itu, beliau juga adalah Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah.

3.4 Sosok Pendiri Thariqah MATAN

Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An Nahdliyyah (MATAN) adalah organisasi Thariqah untuk kalangan mahasiswa yang diprakarsai oleh Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Pekalongan

Ro'is 'am JATMAN (Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah) yang berafiliasi kepada organisasi Islam Nahdlatul Ulama. Jabatan Organisasi Habib Luthfi Bin Yahya

4. Karier-karier Beliau

Dalam perjalanan dakwah dan berorganisasi beliau pernah menduduki beberapa jabatan, diantaranya adalah:

  1. Rais Am Jam’iyyah Ahlith ath-Thariqah Al--Mu’tabaroh an-Nahdliyyah 2005-2010 (periode kedua)
  2. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah (2005-2010)
  3. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kota Pekalongan (2005-2010)
  4. Paguyuban Antar Umat Beriman (Panutan) Kota Pekalongan

5. Kisah Teladan

Meski secara nasab beliau keturunan Nabi Muhammad, tak pernah sedikit pun ada rasa sombong, meremehkan orang lain, termasuk non Arab (‘ajam). Selain didikan keluarga, sejumlah Kyai yang pernah menjadi gurunya turut andil besar dalam mencetak kepribadiannya.

“Abahnya, Habib Ali juga pernah nyantri pada Mbah Sholeh Darat (Semarang).

Jadi dalam keluarga beliau tak ada lagi istilah Arab-non Arab.

Seperti difirmankan Allah, yang penting kadar ketakwaannya. Hal ini pun ditanamkan Abah pada beberapa habaib yang lebih yunior,” kata Kyai Zakaria.

Dari sini tak mengherankan jika dalam kehidupan sehari-hari Abah selalu menggunakan bahasa Jawa, bukan Indonesia apalagi Arab. Baik kepada santri maupun tamu yang dikenalnya. “Abah itu sudah njawani (cenderung Jawa), bukan habib yang eksklusif. Semua orang dan kalangan merasa dekat dengan beliau, karena Abah tak suka penghormatan yang berlebihan. Berapa pun jumlah orang yang ingin bersalaman, dilayani. Beliau malah tidak suka pengawalan khusus. Beliau sangat egaliter, merakyat,” timpal salah seorang dekatnya.

Tamu Habib memang datang dari berbagai kalangan, mulai dari pejabat pemerintah, anggota dewan, pengusaha, seniman, artis hingga rakyat jelata. Namun begitu beliau tak pernah membeda-bedakan. Dengan tekun Habib mendengarkan satu persatu permasalahannya untuk kemudian memberikan solusinya, sehingga mereka pun pulang dengan perasaan puas. Habib Luthfi memang seorang yang dikenal ‘gampangan’, tidak suka ruwet, apalagi neko-neko. Rumahnya 24 jam siap menerima tamu, dari orang biasa sampai pejabat. “Lha, pernah Bapak Kapolwil bertamu ke sini, malah diajak ikut rapat panitia maulid di luar. Terang saja panitianya yang kalang kabut. Tapi justru di situ nampak tidak ada perbedaan,” sambung Zakaria tertawa kecil.

Beliau pun tak segan-segan ikut mengatur hal-hal yang dinilainya belum beres, secara spontan. Misalnya mengatur barisan yang sulit diatur (untuk itu beliau rela turun dari panggung, meninggalkan para undangan dan tamu terhormat). Ketika seluruh warga Pekalongan disibukkan dengan digelarnya Pekan Batik Internasional, pada saat acara seremonial pembukaan, di mana Wakil Presiden hadir, justru Habib Luthfi memilih pergi ke Surabaya, menjadi penceramah pada peringatan haul Sunan Ampel. “Bukan apa-apa. Undangan dari panitia haul Ampel sudah lama, jauh hari sebelum undangan Pekan Batik datang,” ujar Zakaria.

Bahkan beberapa saat lalu, beliau rela harus bolak-balik Pekalongan-Semarang, demi menghadiri undangan santrinya yang kebetulan bekas napi, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. “Jadi Abah sangat menjaga. Terlebih yang mengundang adalah mantan pentolan bromocorah, yang kemudian insaf dan minta diaku santri oleh Abah. Makanya Abah begitu memperhatikan. Sampai-sampai begitu masuk Jawa Tengah, beliau dikawal dari Polwil. Selain dalam rangka menyenangkan orang (idkhalus surus), itu juga menjaga nama baik sang santri di depan masyarakat setempat,” jelas Zakaria.

Untuk itu yang mengherankan sekaligus membanggakan adalah kondisi fisik Habib Luthfi yang selalu fit meski sebagian besar waktunya terpakai untuk pergi keluar kota, demi dakwah Islam, khususnya tarekat. “Abah fisiknya luar biasa, jarang sakit meski aktivitasnya cukup tinggi, padahal makan saja tidak teratur,” komentar Ketua PCNU Kota Pekalongan H. Abul Mafachir suatu ketika, sembari menjelaskan kekagumannya, “Habib itu betah duduk berjam-jam hanya untuk sekadar ngobrol dengan para tamunya. Malah kadang, tamunya itu tidak beliau kenal,” tambahnya.

Selama 40 tahun menjadi santri Habib, imbuhnya, hal yang patut ditiru adalah keikhlasannya. “Habib Luthfi tidak pernah membeda bedakan asal muasal santri. Sehingga ratusan tamu yang datang kediamannya setiap hari, selalu dilayani dengan sabar dan penuh kesungguhan. Kadang mereka harus menunggu berhari-hari jika Habib sedang berada di luar kota,” ujarnya.

Hinggi kini, tak sedikit jabatan dan kedudukan yang diembankan ke pundaknya. Tapi itu semua tak membuat Habib merasa capek, merasa berat apalagi merasa terbebani. Jabatan yang pernah dan sedang disandangnya adalah Ketua Umum MUI Kota Pekalongan, sekaligus Ketua Umum MUI Jawa Tengah. Beliau juga dipercaya menjadi penasihat utama KBIH Assalamah Pekalongan. Di samping seorang mursyid tarekat Syadzaliyah, beliau juga didaulat menjadi Mudir Aam dari Ahlit Thariqah al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (salah satu Badan Otonom NU) selama dua periode, yaitu sejak 2000-2010 (Secara kebetulan, kedua Muktamar yang menghasilkan keputusan itu digelar di Pekalongan).

Selain itu, beliau membentuk PANUTAN (Paguyuban antar Umat Beragama Pekalongan), dan kemudian dipercaya menjadi ketuanya. Ini dilakukan melihat Pekalongan adalah satu daerah yang rawan konflik. Dikisahkan, saat terjadi aksi perusakan dan pembakaran rumah serta fasilitas lainnya miliki keturunan Cina di Pekalongan dua puluh tahun silam (tepatnya pada 20 Nopember 1995), semua Kyai Pekalongan angkat tangan. Maklum saja, pemicunya adalah dirobek-robeknya Al-Qur’an oleh salah seorang keturunan Cina, yang kemudian diketahui bahwa orang itu mengalami gangguan jiwa.

Pada saat genting itulah, di saat semua tokoh kewalahan, bahkan tak mampu mengatasi keadaan, Habib Luthfi tampil dengan pernyataan singkatnya: “Saya tidak ridla kalau santri saya ikut-ikutan aksi perusakan itu.” Pada saat itu banyak Kyai tersentak.”Gimana tidak kaget? Habib Luthfi membuat langkah yang melawan arus,” komentar Zakaria sambil membuka buku hariannya yang mengisahkan kejadian itu. Tapi nampaknya ungkapan beliau yang singkat itu sangat mujarab. Sejak itu, berangsur-angsur kondisi keamanan Kota Pekalongan kembali membaik.

Kalau kemudian Habib Luthfi dipercaya memegang banyak jabatan, itu karena dalam dirinya tertanam kepribadian sebagai muslim ideal. Selain memiliki jiwa kepimimpinan, beliau dikenal memiliki kapasitas keilmuan tinggi, termasuk ilmu pengetahuan umum Dikisahkan, suatu ketika beliau diminta memberi ceramah agama dalam acara berkaitan dengan dunia pertanian. Ternyata yang disampaikan bukan hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu pertanian.  “Sampai orang dinas pertanian terkagum-kagum, bahkan lalu bertanya bagaimana caranya menyuburkan kembali tanah yang terlanjur kering,” kisah Zakaria. Maka, Habib pun menjelaskan solusinya, lengkap dengan referensi ilmiah dalam ilmu pertanian. Begitu juga bidang-bidang lainnya, seperti perikanan.

Dalam satu kesempatan beliau menandaskan, baginya jabatan merupakan amanah dan tidak bisa diminta-minta. Kalau dipercaya menduduki jabatan, di mana pun tempatnya, dirinya menyatakan siap. Tidak harus jadi ketua, sehingga kalau tidak jadi orang nomor satu, emoh menjabat.. Artinya, pengabdian dan perjuangan dapat dilakukan seseorang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya