Se Sumenep, Siswa Berprestasi SD Bertarung Di OSN MIPA

 
Se Sumenep, Siswa Berprestasi SD Bertarung Di OSN MIPA

LADUNI.id, Sumenep - Sejumlah perwakilan siswa berprestasi tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bertarung di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA), Kamis (14/03/2019).

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep ini, dijadwalkan berlangsung selama dua hari, sejak hari ini tanggal 14 hingga 15 Maret 2019.

Pada Kamis (14/03/2019) ini merupakan tes tulis berupa soal multiple choice dan essay. Sementara untuk tes eksperimen dan eksplorasi akan digelar Jumat (15/03/2019) besok.

“Sesuai agenda kementerian, agenda ini dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Kecamatan hingga Nasional,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Mohammad Saidi, melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Fajarisman, Kamis (14/03/2819).

Ia menuturkan, OSN tersebut sesuai Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Berdasarkan ketentuan seleksi tingkat Kecamatan sudah dilakukan, ditetapkan 3 siswa terbaik mata pelajaran Matematika dan IPA, yang selanjutnya mereka harus ikut seleksi ketat di tingkat Kabupaten.

“Kami bersyukur, semua perwakilan sekolah ada, baik daratan maupun kepulauan dengan total peserta yang ikut sebanyak 75 Matematika, dan 75 untuk IPA,” tuturnya.

Setelah tuntas penyeleksian siswa berbakat ini, lanjut Fajar, akan ditetapkan pemenang Juara 1 hingga 3, dan 3 siswa masuk juara harapan, sesuai mata pelajaran masing masing.

"Sehingga, nantinya akan diambil 15 nominator terbaik untuk dilakukan pembinaan secara intensif menuju olimpiade di tingkat Provinsi," ujarnya.

Hasil seleksi di Kabupaten Sumenep, nanti akan diambil 15 nominator untuk Matematika, termasuk jumlah yang sama di IPA, total berjumlah 30 siswa. Selanjutnya mereka akan digodok.

"Yang akan diutus 3 terbaik di masing-masing mata pelajaran untuk berlaga di Provinsi Jawa Timur tanggal 28 Maret 2019 nanti,” tandasnya, seperti dilansir dari situs resmi Pemkab Sumenep

Ia mengaku yakin, putra putri terbaik utusan Sumenep akan kembali mempersembahkan piala, karena di tahun 2018 lalu, siswa utusan Kabupaten berjargon Kota Keris ini meraih medali perunggu, masuk dalam nominasi nasional peringkat ke 3.

“Tahun lalu kita sudah berhasil meraih nominasi Nasional mendapatkan medali perunggu, tahun ini target kita kembali masuk juara nasional, ya paling tidak juara 2 lah, apalagi sampai juara 1. Insya Allah bisa, siswa kita pintar-pintar kok,” pungkasnya. (*)