Jumlah Volume Air untuk Mandi Wajib dan Wudhu

 
Jumlah Volume Air untuk Mandi Wajib dan Wudhu
Sumber Gambar: Pexels / rony michaud / Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Umat muslim yang sudah dewasa atau baligh diwajibkan untuk melaksanakan mandi wajib atau junub apabila memiliki hadas besar. Hal ini sebagaimana yang telah tertuang dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 43.

Mandi wajib adalah jenis mandi yang jelas berbeda dari mandi biasa. Mandi wajib bertujuan untuk mensucikan diri dari hadas besar yang memiliki tata caranya sendiri, salah satunya jumlah volume air untuk mandi wajib harus jelas.

Terkait hal di atas, air yang harus dipersiapkan untuk melakukan mandi wajib adalah sebanyak satu Sho’ dan jumlah air yang digunakan untuk berwudhu adalah sebanyak satu Mudd.

َنْ سَفِينَةَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ صَاحِبِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ وَيَتَطَهَّرُ بِالْمُدِّ (صحيح مسلم (2/ 211)

Artinya : dari Safinah dia berkata, “Abu Bakar, sahabat Rasulullah SAW berkata, “Dahulu Rasulullah SAW mandi dengan satu Sho’ air (empat Mudd), dan bersuci (wudhu) dengan satu Mudd. (H.R.Muslim)

Ukuran Sho’ adalah setara dengan empat Mudd, sementara satu Mudd setara dengan 4/3 Rithl (pendapat Hanafiyyah, Setara dengan dua Rithl). Jika dikonversikan dengan ukuran zaman sekarang, maka satu Sho’ setara dengan 2,748 liter atau 2172 Gram, sementara satu Mudd setara dengan 0,687 Liter atau 543 Gram.

Zakariyya Al-Anshori berkata dalam Asna Al-Matholib,

( و ) أَنْ ( لَا يَنْقُصَ ) الْمَاءُ ( فِي الْوُضُوءِ عَنْ مُدٍّ ، وَالْغُسْلِ عَنْ صَاعٍ ) (أسنى المطالب شرح روض الطالب (1/ 228)

Artinya : “Hendaknya air yang digunakan untuk berwudhu tidak kurang dari satu mudd dan air yang digunakan untuk mandi tidak kurang dari satu Sho’” (Asna Al-Matholib, juz 1 hlm 228)

Dengan mengacu pada ulasan di atas, bahwa jumlah volume air yang digunakan untuk mandi wajib adalah tidak boleh kurang dari satu Sho’ dan air untuk berwudhu tidak boleh kurang dari satu Muud.

Wallahu A’lam Bishowab