Hukum Makan Menggunakan Tangan Kiri bagi Orang yang Kidal

 
Hukum Makan Menggunakan Tangan Kiri bagi Orang yang Kidal

LADUNI.ID, Islam sangat peduli dengan semua aktivitas manusia. Mulai dari hal kecil sampai dengan hal-hal besar di atur oleh Islam. Termasuk bagaimana adab makan dan minum manusia.

Adab makan memang salah satunya adalah sunnah menggunakan tangan kanan dan makruh pakai tangan kiri, namun bila makan atau minum tersebut terpaksa memakai tangan kiri karena udzur seperti sakit atau kidal maka tidak makruh.

مشكلة التعوّد على الأكل باليد اليسرى

وقد جاء عن حفصة رضي الله عنها زَوْج النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَجْعَلُ يَمِينَهُ لِطَعَامِهِ وَشَرَابِهِ وَثِيَابِهِ وَيَجْعَلُ شِمَالَهُ لِمَا سِوَى ذَلِكَ . "   رواه أبو داود رقم 30 قال النووي رحمه الله : هذه قاعدة مستمرة… وقد يكون في بعض الناس علة حقيقية تمنع إستعمال اليد اليمنى كإصابتها بالشلل و نحوه فعند ذلك يكون الشخص معذورا ولا جرح عليه قال النووي رحمه الله فإن كان عذر يمنع الأكل والشرب باليمين من مرض أو جراحة أو غير ذلك فلا كراهة.

Semoga kita dimudahkan dalam mengamalkan ilmu yang kita ketahui. Karena hakikat ilmu adalah amal itu sendiri. Wallahu A'lam.

Sumber : Dari Berbagai Sumber