Cara Ampuh Belajar Efektif dan Efisien

 
Cara Ampuh Belajar Efektif dan Efisien

LADUNI.ID | - Belajar merupakan hal yang harus dilakukan setiap waktu. Belajar seharusnya tidak hanya untuk siswa atau mahasiswa saja namun setiap orang memerlukan belajar dari setiap hal. Namun bagi siswa dan mahasiswa memiliki banyak waktu yang dihabiskan untuk belajar. Banyak siswa atau mahasiswa yang mengeluh karena tidak paham tentang pembelajaran yang mereka pelajari. Maka di sini akan dibahas bagaimana cara atau metode belajar yang efektif dan efisien. 

Berikut beberapa metode yang bisa diterapkan agar mendapatkan aktivitas belajar yang efektif dan efisien :

1.  Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Suasana belajar sangat mempengaruhi tingkat keefektifan suatu pembelajaran. Apabila suasana belajar tidak nyaman makan sangat sulit mendapatkan dan memahami suatu materi. Sehingga ciptakanlah mood belajar itu sendiri, misalnya Anda bisa belajar di tempat-tempat yang nyaman seperti di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC.

 2.  Merangkum Pokok Pembelajaran

Mencatat pokok pembelajaran sangatlah penting, Karena jika Anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Ambilah intisari dari materi tersebut. Hal ini akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut

 3.  Belajar Bersama

Belajar bersama juga merupakan salah satu metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama.

 4.  Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu

Sebagian orang mungkin sangat sulit untuk menghafal. Maka metode sangat tepat untuk digunakan. Misalkan menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.

 5.  Belajar dengan Praktik

Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih menyenangkan.

 6.  Belajar rutin tapi jangan lama

Belajar rutin sangatlah penting. Karena dengan rutunitas otak anda akan terbiasa dengan belajar. Dengan rutin belajar Anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari. Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama namun otak akan jenuh dan akhirnya menjadi malas untuk mengulangnya kembali.

 7.  Mengerti Bukan Menghafal

Metode menghafal sering digunakan oleh para siswa atau mahasiswa ketika akan menghadapi ujian. Padahal dengan menghafal saja, pembelajaran tersebut akan mudah terhapus dari otak anda. Sebenarnya tidak salah, namun kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian.