Ingin Berubah, Bagaimana Caranya?

 
Ingin Berubah, Bagaimana Caranya?

Assalamu’alaikum mbak Nur,
Saya Evi, umur saya 18 tahun, saat ini masih kuliah semester awal. Mbak Nur, saya punya hobi mager (males gerak), nunda-nunda nyelesein tugas, bangun siang, ngabisin waktu dengan buka-buka sosmed, yang ujung-ujungnya lupa kalo harus ngerjain sesuatu. Kebiasaan saya ini sangat merugikan diri saya sendiri. Saya pingin banget berubah, menjadi pribadi baru yang lebih baik. Tolong donk mba, beri masukan buat saya agar bisa berubah menjadi lebih baik.
Makasih atas saran-saran yang diberikan.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Evi – Demak

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Evi yang baik, ada pepatah “perhatikan kebiasaanmu, itu akan menjadi karaktermu.” Beruntung Evi menyadari kebiasaan-kebiasaan burukmu ini sekarang. Mengubah kebiasaan menjadi lebih baik kuncinya ada pada niat dan konsistensi.
Beberapa sumber menyatakan butuh waktu 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, walaupun pada beberapa kasus ada yang lebih cepat atau lebih lambat. Beberapa tips ini bisa membantumu untuk mengubah kebiasaan:

1. Temukan Why-mu
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah temukan “why” atau alasan terkuat mengapa kamu ingin berubah. Kamu bisa menuliskan alasan tersebut dalam sebuah kertas dan tempelkan di cermin, atau di tempat yang pasti kamu lihat setiap harinya. Apabila muncul rasa malas, ingat kembali “why”-mu.

2. Tentukan satu kegiatan spesifik
Berubahlah mulai dari hal yang kecil atau sederhana dimulai sejak bangun tidur. Misalnya mulai dengan bangun pagi, olah raga minimal 15 menit, sarapan, dll.

3. Buat komitmen
Buat komitmen untuk diri sendiri, misalnya tidak menyentuh HP sebelum berolahraga. Lakukan secara konsisten selama 21 hari. Kebiasaan mager di pagi hari, akan membuat mood kita malas sepanjang hari. Sebaliknya jika kita sudah beraktivitas sejak pagi hari, maka membuat kita menjadi bersemangat.

4. Dukungan komunitas
Teman mempunyai pengaruh yang sangat kuat pada perubahan kebiasaan kita. Carilah komunitas yang aktif berolah raga, atau komunitas yang memiliki kegiatan-kegiatan positif. Ceritakan pula pada teman-temanmu bahwa kamu sedang berusaha untuk merubah kebiasaan menjadi lebih baik, mintalah dukungan mereka.

5. Afirmasi positif
Afirmasi merupakan penegasan atau keyakinan yang kita munculkan pada diri kita. Misalnya, malam hari sebelum tidur kita berafirmasi “besok pagi aku bangun jam 04.30, sholat shubuh, kemudian berolah raga.” Atau “aku bisa menyelesaikan tugas besok.”

6. Hadiahi diri sendiri
Beri hadiah untuk diri sendiri ketika kita bisa merubah “mager” menjadi kegiatan yang positif atau ketika kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Reward ini akan menimbulkan rasa senang dan memberi semangat pada diri kita untuk mengulangi kebiasaan baik tersebut.

Last but not least, Allah berfirman dalam QS.ar-Ra’d:11 yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”
Perubahan itu berasal dari diri kita sendiri, jadi yuk ubah kebiasaan kita menjadi lebih baik. Semoga kita istiqomah/konsisten melakukannya.

 

Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun