Santri Goes To Papua: Lomba, Milad Ke-2 dan Haflah Akhir Sanah Madin Al-Ibriz Iru Nigeiyah

 
Santri Goes To Papua: Lomba, Milad Ke-2 dan Haflah Akhir Sanah Madin Al-Ibriz Iru Nigeiyah

LADUNI.ID, Sorong - Di awal bulan April ini, salah seorang masyarakat suku Kokoda Kurwato bilang pada saya: kalau tidak salah Madrasah ini akan genap 2 tahun usianya di bulan ini. Ia pun menyambungnya dengan sebuah usulan supaya hal ini dibuat acara tasyakuran sederhana.

Setelah memastikan tanggal tepatnya Madrasah ini diresmikan, yaitu tanggal 29 April 2017, yang waktu itu diresmikan oleh Bpk. Usma Hariyadi (Ketua PPM. Aswaja dan LTN PBNU), maka saya pun sepakat saja kalau hendak diadakan acara tasyakuran. Dan karena tanggal 29 April besok itu kebetulan juga mendekati bulan Romadlon, maka saya pun merencanakan supaya acara itu juga sekaligus sebagai acara Haflah Akhir Sanah Madrasah Al-Ibriz Iru Nigeiyah.

Singkat cerita, tanggal 25 April kemarin pun diadakan Ikhtibar Akhir Sanah. Dan untuk sedikit menambah kemeriahan Haflah Akhir Sanah dan Milad ke-2 ini, saya pun merancang beberapa perlombaan. Lomba menggambar Khot/Kaligrafi sudah terlaksana pada tanggal 26 April kemarin. Dan semalam, lomba Cerdas Cermat pun berlangsung sangat meriah sekali kendati babak finalnya baru akan dilangsungkan nanti malam.

Hari Minggu besok, insya Alloh juga akan diadakan beberapa perlombaan. Kalau Khot/Kaligrafi dan Cerdas Cermat bisa digolongkan dalam perlombaan non-fisik, besok mulai jam 09.00 WIT. rencananya akan dilaksanakan beberapa perlombaan yang fisik. Seperti balap karung, gigit kelereng di sendok, makan kerupuk, tusuk balon, tarik tambang dan mungkin juga yang lainnya.

Untuk perlombaan yang non-fisik ini adalah usulan dari beberapa masyarakat suku Kokoda di Kurwato ini. Tentu saja saya sangat senang atas usulan ini dan menyetujuinya. Terlebih, pada bulan kemarin, ketika hari peringatan Isro'-Mi'roj, karena mengetahui di kampung sebelah ada beberapa perlombaan, anak-anak pun merajuk saya supaya saya juga membikin hal yang serupa.

"Aduh..! Pak guru trada punya hadiah buat nanti yang menang," gurau saya waktu itu.

"Sudah pak guru, nanti yang menang tak usah dikasih hadiah. Yang penting kitorang lomba," rengek mereka.

"Kapan-kapan sajalah, ya. Kalau kau punya orang tua sudah tidak sibuk lagi," tukas saya.

Dan beberapa perlombaan yang sudah dan akan dilaksanakan dalam rangka Milad Ke-2 dan Haflah Akhir Sanah Madin Al-Ibriz Iru Nigeiyah ini akan diumumkan besok pada tanggal 29 April 2019 ketika acara tasyakuran. Dan insya Alloh ada hadiahnya.

===============================================================

Catatan tambahan:

Anda bisa turut serta membantu dalam bentuk dana untuk pengembangan dakwah Islam di wilayah pedalaman Papua Barat dengan mengirimkan ke:

Rekening bank Mandiri
atas nama Yayasan Dakwah Islam Aswaja
nomor rekening 070.00.0664.8054.
Konfirmasi ke Koordinator SGTP III dengan bapak Aidy Ilmy HP/WA 0812.1011.796.
Mohon menambahkan jumlah transfer dengan akhir digit "99", contoh Rp 500.099;

 Catatan:
1. Kami tidak memungut biaya administrasi dan menyalurkan keseluruhan dana ke kegiatan di Papua Barat.
2. Untuk mengunjungi lokasi dapat menghubungi koordinator di tempat dengan ustadz Agus Setyabudi di HP./WA. 0852.2774.8441.
3. Bangunan Madrasah Diniyyah Al-Ibriz Iru Nigeiyah di kompleks pemukiman suku Kokoda di Kurwato adalah sumbangan dari kegiatan SGTP I-III.
4. Yayasan Dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah memperoleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU: 0028651.AH.01.04.

#SantriGoesToPapua #PPMaswaja #LTNPBNU #MuslimPapua #SukuKokodaKurwato