Tips Ampuh Menghemat Keuangan anda di Zaman yang Serba Mahal

 
Tips Ampuh Menghemat Keuangan anda di Zaman yang Serba Mahal

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagaimana diketahui, masalah keuangan sering kali dipusingkan oleh banyak orang. Mulai dari yang merasa pemasukannya kurang, pengeluarannya lebih banyak, bahkan terkadang juga ada pengeluaran tak terduga. Terlebih harga barang zaman sekarang serba mahal. Banyak juga yang sudah merencanakan berbagai macam kebutuhan namun pada kenyataannya masih mengalami kesulitan untuk memenuhi semuanya.

Selain itu, tak semua orang sanggup menahan diri untuk menghemat pengeluaran. Jika bukan karena tawaran barang menarik, bisa juga karena membelanjakan sesuatu untuk orang lain karena rasa sungkan.serta banyak lagi masalah keuangan yang tidak sesuai dengan harapan.

Berikut ini Tips ampuh dalam menghemat keuangan anda :

1. Tulislah pengeluaran inti dan selipkan di dompet

Buatlah tulisan yang cukup kecil namun mudah dibaca atau bisa juga buat dengan kode bahasa sendiri dan simpan di tempat foto. Karena dengan begitu kanda akan mudah membacanya setiap kali membuka dompet. Artinya ini termasuk kebutuhan utama dalam setiap minggu atau setiap bulan nya. Seperti bayar listrik, angsuran kredit, arisan dan lain-lain yang memang tidak dapat ditunda.

2. Selesaikanlah semua tanggungan pokok di awal

Sangat penting bagi anda agar tidak menunda pembayaran yang memang harus segera diselesaikan. Jangan mengambil risiko dengan menunda-nunda pembayaran. Karena ini cuma enak di awalnya aja, tapi pada akhirnya akan jauh lebih menyusahkan. Selain pengeluaran inti setiap bulan yang harus segera dipenuhi, kebutuhan untuk membayar hutang (jika ada) juga harus dijadikan prioritas. Karena ini juga termasuk masalah keuangan yang harus segera dituntaskan.

3. Simpanlah sedikit pengeluaran untuk kado / pemberian lainnya

Pasti ada seseorang atau kerabat dekat bahkan beberapa orang spesial di dalam hidup kita. Jadi, perlu diingat juga dalam merencanakan pengeluaran, anda harus perhatikan kalender. Mungkin pada bulan ini orang tersayang ulang tahun atau ada acara kondangan yang harus dihadiri. Maka kamu perlu menyisihkan lebih dulu untuk urusan yang satu ini.

4. pilihlah pusat perbelanjaan yang lebih ekonomis

Barang yang sama belum tentu memiliki harga yang sama di semua toko atau pasar. Walaupun masih berada dalam satu kota atau satu wilayah, namun perbedaan rupiah pasti ada. Mintalah saran teman tentang pusat perbelanjaan mana yang lebih ekonomis.

5. Saat di Pusat perbelanjaan Menujulah ke rak kebutuhan primer terlebih dahulu

Alangkah baiknya hal ini tidak anda abaikan. Banyak yang lebih memilih berkeliling lebih dulu tanpa memerhatikan mana yang paling penting untuk dibeli. Kesalahan ini bisa memicu kita untuk mengambil barang yang kurang perlu. Kita bisa saja tiba-tiba tertarik dengan suatu benda yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Sehingga ini membuat pengeluaran belanja membengkak. 

6. Tetap waspada dengan diskon yang disediakan

Diskon memang kedengaran lebih hemat. Namun kita tetap harus jeli dalam memilih barang diskon. Selain jeli tentang tanggal kadaluarsanya, kita tetap harus memilih barang sesuai kebutuhan. Jangan sampai tergila-gila dengan diskon akhirnya memborong banyak barang yang akhirnya merugikan kita juga karena tak tahu untuk apa digunakan.

7. Perbanyaklah bersedekah

InsyaAllah dengan bersedekah rezeki kita menjadi lancar berkah. Sisihkanlah sedikit uang dari gaji anda dan jangan yang terpenting dalam bersedekah disertai dengan niat dan keihlasan karena Allah.


Semoga bermanfaat.