Tim Inovasi Terus Kembangkan Program Literasi Sumenep

 
Tim Inovasi Terus Kembangkan Program Literasi Sumenep

LADUNI.id, Sumenep - Program literasi yang diperkenalkan di Kabupaten Sumenep sejak 2018 lalu oleh Tim Inovasi dengan sasaran kelas awal jenjang SD (kelas 1, 2 dan 3), terus membuahkan hasil serta berdampak terhadap semangat belajar siswa.

Seperti halnya yang diterapkan di salah satu lembaga pendidikan yang mulai membuahkan hasil dari program tersebut ialah SD Negeri Talango 2, Kecamatan Talango.

Kepala SD Negeri Talango 2, Subagyo mengungkapkan, program Inovasi telah banyak memberikan perubahan yang dirasakan oleh siswa maupun guru di sekolahnya.

"Untuk guru paling tidak punya motivasi dan bagaimana pembelajaran di kelas itu bagus, sedangkan untuk anak-anak karena ini sistem dan metodenya baru jadi semangat belajarnya juga tumbuh," ungkap Subagyo, Senin (29/04/2019).

Diakui Subagyo, meskipun yang menjadi sasaran kelas awal, namun untuk ke depan tidak menutup kemungkinan akan diterapkan juga bagi jenjang di atasnya.

Sekarang di SD Negeri Talango 2 program bedah kelas telah dilakukan untuk kelas 4, 5 dan 6 sehingga tinggal perubahan sistem belajar mengajar.

"Sekarang masih fokus kelas 1, 2 dan 3. Tapi untuk bedah kelasnya dari kelas 1 sampai kelas 6 sudah diperbaiki. Kalau sistem pembelajarannya seperti sekarang ini para orang tua siswa juga mendukung," paparnya. 

Sementara Wali Kelas 2 SD Negeri Talango 2, Sri Badariah menjelaskan, adanya program Inovasi yang mengembangkan literasi telah banyak dirasakan manfaatnya. Para siswa yang sebelumnya pasif sekarang lebih aktif dalam menerima pelajaran.

"Banyak manfaat yang didapatkan, jika sebelumnya siswa itu masih kurang aktif sekarang sudah aktif. Perubahannya sangat dirasakan," ucap Sri Badariah.

Dengan menggunakan sistem pembelajaran yang menyesuaikan dengan karakter lingkungan termasuk sarana yang mudah dipahami membuat anak didik lebih giat belajar.

"Dalam memberikan pelajaran kita tidak lagi seperti dulu. Sekarang guru dan siswa lebih berinteraksi dan alat pembelajaran juga menyenangkan salah satunya penggunaan big book," jelasnya.

Penerapan program inovasi literasi untuk kelas awal jenjang SD tujuannya untuk lebih meningkatkan minat belajar siswa, karena sebelumnya para guru mendapatkan pembekalan dan pelatihan.

Untuk di Kabupaten Sumenep sekolah yang menjadi sasaran ialah meliputi Gugus 1 Kecamatan Talango dan Gugus 2 Kecamatan Kota. (Media Center)