Ustaz Ma'ruf Khozin : Tempat Mustajab

 
Ustaz Ma'ruf Khozin : Tempat Mustajab

LADUNI.ID - oa oleh Allah ada yang segera dikabulkan diantaranya karena khusuk dan sungguh-sungguh, di waktu malam akhir, setelah shalat (HR Tirmidzi). Namun ada pula yang karena tempat yang dijadikan doa adalah Mustajab, pernah dijadikan oleh para Nabi atau orang shaleh untuk berdoa dan dikabulkan oleh Allah.D

Seperti yang dikisahkan dalam Al-Qur'an:

('Āli `Imrān: 37) - "... Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab."

Karena Nabi Zakaria ingin memiliki putra maka beliau berdoa di tempat tersebut;

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

('Āli `Imrān: 38) - "Di sanalah Zakariya berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa".

Di Makkah dan Madinah ini ada banyak tempat yang pernah dijadikan doa oleh Nabi shalallahu alaihi wasallam, para Sahabat atau Ulama yang lainnya.