Tips Menghemat Keuangan Selama Ramadhan

 
Tips Menghemat Keuangan Selama Ramadhan

LADUNI.ID, Jakarta - Ketika bulan Ramadhan berlangsung, seringkali pengeluaran jadi lebih banyak dan lebih besar. Meski sebenarnya kebutuhan makan berkurang, namun selalu saja ada banyak kebutuhan yang justru menguras kantong. Hal ini dipengaruhi oleh keinginan kita tidak terkontrol, terlebih dalam hal membeli makanan. 

Untuk menyiasati pengeluaran yang tak terduga di bulan Ramadhan, berikut 4 trik hemat yang dikutip dari Cashbac yang bisa andaterapkan.

1. Janganlah mudah tergoda 
Bukan hanya saat gajian saja orang mudah tergoda membeli banyak barang dan makan sembarangan. Bahkan saat puasa, karena keadaan lapar, orang jadi mudah tergoda beli banyak hal, terutama makanan. padahal setelah berbuka semua makanan tersebut belum tentu sanggup dinikmati dan dihabiskan. 

2. Siapkanlah Uang tertentu
Jika tak ingin beli makanan berlebihan selama bulan Ramadhan, tentukan budget bulanan. Misalnya saja 500 ribu untuk sebulan atau Lebih sesuai kebutuhan yang wajar. Planning hemat ini akan memaksamu untuk tetap berpegang teguh pada budget yang sudah kamu tentukan apa pun yang terjadi. Entah itu makan di luar atau masak sendiri, kamu bisa mengaturnya sendiri.

3. Gunakanlah uang cash
Biasanya akan banyak pasar Ramadan selama bulan puasa, dan jika teman mengajak ngabuburit ke berbagai tempat ini, pastikan kamu punya uang cah tertentu. Jangan belanja melebihi uang yang ada di dompet.

4. Aplikasikan pengatur keuangan
Jika masih belum bisa mengatur keuangan, anda bisa meminta bantuan pada aplikasi yang mengatur keuangan. anda bisa mengunduhnya dan mengatur berapa pemasukan, pengeluaran kebutuhan dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.