Belajar dari Kisah Saat Nabi Musa Sakit Gigi

 
Belajar dari Kisah Saat Nabi Musa Sakit Gigi

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

LADUNI.ID, Jakarta - Alkisah, Nabi Musa Alaihissallam pernah sakit gigi. Beliau kemudian mengadukan rasa sakitnya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Lalu Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan Nabi Musa untuk mengambil sejenis rumput di tempat yang telah ditentukan untuk diletakan di atas giginya yang sakit.

Kemudian Nabi Musa Alaihisallam melaksanakan apa yang diperintahkan, dan rasa sakitnya pun hilang seketika.

Pada suatu hari selanjutnya, sakit gigi Nabi Musa Alaihisallam kembali kambuh. Tanpa pikir panjang, Nabi Musa langsung mengambil rumput yang dahulu pernah dikabarkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Akan tetapi sakit gigi Nabi Musa malah bertambah parah.

Maka Nabi Musa pun mengadu kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan memohon pertolongan-Nya: “Wahai Tuhan-ku, bukankah Engkau pernah memberitahukanku untuk berobat dengan rumput itu? Mengapa sekarang rumput itu tidak dapat menyembuhkanku?”

Mendengar pengaduan dari Nabi Musa, Allah Subhanahu Wa Ta'ala kemudian berfirman, “Wahai Musa, Akulah yang memberi kesembuhan, memberi kesehatan, memberi manfaat dan memberi malapetaka. Dahulu ketika engkau sakit, engkau langsung mengingat-Ku dan meminta tolong kepada-Ku, maka Aku hilangkan penyakitmu. Namun kini, ketika engkau sakit, engkau tidak segera berharap kepada-Ku,  engkau berharap dan meminta pertolongan kepada rumput itu, maka Aku pun tidak menghendaki rumput itu bermanfaat untuk gigimu“.

Pelajaran dari kisah ini bahwa segala kebaikan, keburukan, manfaat dan bahaya, itu semua ada dalam kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Maka sepatutnya kita sebagai hamba Allah untuk tidak bergantung kepada siapa pun selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala, tidak berharap dan takut kepada siapa pun kecuali Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Wallahu A'lam bishowab

۞  أللهم صلِ على سيدنا محمدٍ وعلى آلِ سيدنا محمد ۞

Allahumma Shalli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Aali Sayyidina Muhammad.