Menabung di Bank Akhirat Ramadhan via Bubar Santri Mesjid Raya Samalanga

 
Menabung di Bank Akhirat Ramadhan via Bubar Santri Mesjid Raya Samalanga

LADUNI. ID, ACEH-DAYAH MUDI Mesjid Raya Samalanga tidak pernah sunyi dari kegiatan walaupun telah libur. Ramadhan sebagai bulan libur resmi namun dayah yang terbesar di Aceh itu masih eksis dengan berbagai kegiatan belajar dan lainnya.

Salah satu kegiatan rutin setiap pagi adanya pengajian Abi MUDI yang merupakan Wadir I MUDI dan Mudir Ma’had Aly Samalanga dengan kajian rutinnya kitab Al-Hikam yang di laksanakan pasca shalat subuh hingga dhuha.

Di samping itu kegiatan ibadah lainnya yang tidak kalah antusiasnya masyarakat, santri dan dewan guru yang mengikuti ibadah khusus baik suluk, khulwah dan lainnya.

Intinya MUDI bukan hanya mercusuar pengembangan ilmu plus tarekat di bumi Iskandar Muda ini. Walaupun pengembangan tarekat masih “muda” di dayah tersebut di bandingkan membumikan ta’limul ilmi, namun gaungnya begitu antusias dan cepat realisasinya di masyarakat. Bahkan Al-Mukarram Abu MUDI telah diangkat Mursyid beberapa waktu yang silam,siapa tahu kedepan bakal menjadi Sayyidul Mursyid?

Pemandangan yang menarik menjelang berbuka puasa Ramadhan, sekelompok santri dan dewan guru dengan segala kesibukannya mempersiapkan menu berbuka puasa untuk santri, dewan guru juga masyarakat di masjid yang di kenal dengan sebutan Masjid Po Teumeuruhom yang terletak di tengah dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga itu.

Gelas yang telah diisi beraneka menu berbuka di atur sedemikian rapi, begitu juga jenis makanan lainnya. Fenomena ini begitu indah penuh keakraban. Kegiatan ini dimulai sejak satu Ramadhan hingga berakhir bulan suci ini.

Mereka baik orang bersuluk, santri, dewan guru dan lainnya berbaur dan duduk bersama berbuka bareng. Tentunya panitia harus bekerja semakaimal mungkin mempersiapkan finansial yang cukup terlebih jumlah santri,dewan guru dan masyarakat yang berbuka dalam jumlah yanh tidak sedikit.

Salah satu cara yang di tempuh panitia dengan membuka sumbangan masyarakat untuk berbuka puasa bersama via rekening bank juga sumbangan langsung ke dayah baik menu berbuka dan lainnya.

“Kami lanitia buka puasa bersama Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, mengajak para donatur sudi kiranya dapat berpartisi menyumbang alakadar kemampuan utk menu buka puasa para jamaah di Mesjid Poteureuhom Samalanga,” Kata salah seorang panitia Bubar (Buka Bareng) Dayah MUDI Samalanga itu.

Panitia menambahkan donasi tersebut dapat dikirim ke no rek *0234.01.047770.50-8*
BRI A.n M.Amin dengan nomor kontak 0853-6112-6352.

Mari kita isi bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak amaliah Dan ibadah termasuk memberikan menu berbuka puasa dimana pahalanya akan didapatkan seperti orang yang berbuka. Ayo menabung akhirat via bubar MUDI Samalanga.

***Abi Sahal Arsyad, Pemerhati Masalah Agama dan Sosial Masyarakat asal Pidie Jaya.