Metode Ampuh untuk Mengatur Keuangan agar Tidak Boros

 
Metode Ampuh untuk Mengatur Keuangan agar Tidak Boros

LADUNI.ID, Jakarta - Mengatur keuangan dengan cermat merupakan hal penting untuk dilakukan. Karena kebanyakan orang sering kebablasan ketika menggunakan uang mereka. Terutama bagi kaum perempuan. Perempuan identik dengan keinginan berbelanja lebih besar dibandingkan laki-laki. Sehingga sangat penting untuk mengontrol keuangan agar tidak terjadi pemborosan.  

Tidak ceras dalam mengelola keuangan dapat mengakibatkan masalah di dalam kehidupan. Misalkan saja terlalu banyak menghabiskan uang di awal bulan karena terdapat diskon besar-besaran. Sehingga uang yang harusnya untuk satu bulan ke depan akan habis di pertengahan bulan saja. Sehingga setengah bulan terakhir kita sudah tidak meiliki uang simpanan lagi. 

Namun kamu jangan khawatir, berikut akan dijelaskan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat atau mengatur pengeluaran keuangan kamu : 

1. Susun Anggaran Keuangan
Hal pertama yang dapat dilakukan dalam mengontrol pengeluaran adalah dengan menulis susunan anggaran keuangan. Susunlah sebuah anggaran keuangan yang tepat dan efektif, di mana semua pos yang terdapat di dalamnya benar-benar seimbang dan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan (gaji) yang dimiliki.

2. Menjalankan Anggaran yang Telah Dibuat dan Mengontrol Keuangan dengan Cerdas
Jangan biarkan anggaran yang telah dibuat itu hanya sebuah tulisan semata namun lakukan dan terapkanlah dalam kehidupan sehari-hari. Kamu harus berani dan bertindak untuk segera menjalankan anggaran tersebut di dalam keuangan, termasuk dengan sejumlah kebijakan yang memang dibutuhkan untuk mengendalikan keuangan dengan tepat.

3. Pantau dan Lakukan Evaluasi
Langkah selanjutnya setelah menjalankan anggaran yang telah direncanakan adalah memantau dan mengavaluasi apakah kamu sudah tepat dalam menjalankan anggaran yang kamu rencanakan. Hal ini akan mencegah terjadinya kegagalan total, sebab Anda bisa mencermati kembali anggaran dan memperhitungkan ulang pos mana saja yang benar-benar harus ada dan sangat dibutuhkan serta pos mana saja yang memang harus dihilangkan / dikurangi.

4. Menabung dengan Cara yang Menyenangkan
Menabung merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan untuk menghentikan pemborosan. Menabung bisa dilakukan dengan nominal yang kecil hingga besar sesuai tingkat pendapatan kita. Namun yang perlu diingat adalah lakukan hal positif ini secara teratur dan rutin, sehingga menabung menjadi kebiasaan kamu dalam kehidupan sehari-hari. Menabung juga tidak hanya bisa dilakukan dengan uang, namun bisa juga menabung dalam bentuk investasi emas, properti dan lain-lain. 

5. Kendalikan Nafsu Belanja
Belanja merupakan hal yang paling diminati oleh sebagian orang, khususna para kaum hawa. Untuk itu, mulailah mengendalikan nafsu belanja, terutama untuk berbagai barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. Jangan mudah tergoda dengan penawaran menarik, diskon yang selalu menjadi godaan besar bagi hampir semua orang. Bijaklah dalam berbelanja, sehingga bisa menabung lebih banyak uang dan menghentikan pemborosan.