Sekolah Tinggi Agama Islam Al Mas'udiyah (STAIMAS) Sukabumi

 
Sekolah Tinggi Agama Islam Al Mas'udiyah (STAIMAS) Sukabumi

PROFIL
Yayasan Al-Mas'udiyah berkedudukan di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sebagai organisasi induk yang bergerak dibidang pendidikan, pesantren salafiyah, dakwah dan sosial kemanusiaan, berkembang dengan alami menjadi pemukiman para santri (kompleks kampus pendidikan) yang terbuka dengan fasilitas yang memadai dimana secara sosial ekonomi didukung oleh adanya Koperasi Pondok Pesantren Al-Mas'udiyah, yang melayani kebutuhan pokok masyarakat lingkungan sampai tingkat kecamatan.

Dalam Suasana pendidikan formal dan non formal yang kondusif tersebut dalam bimbingan KH. Syaikh Ibnu Mas'ud R. Didi Djajadinata, menyadari sepenuhnya untuk menyediakan jenjang pendidikan Sekolah Tinggi dalam menunjang kebutuhan dan hasrat masyarakat terutama dari Desa-desa sekitar Kecamatan Nyalindung Khususnya, umumnya masyarakat Sukabumi, maka setelah melakukan orientasi, baik persiapan kelengkapan akademika maupun pembinaan akademika pada IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musaddadiyah Garut dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja Subang.

Selanjutnya, Yayasan Al-Mas'udiyah melalui surat keputusan nomor 03/YAM/B/VII/99/ Tanggal 19 Agustus 1999 mengajukan pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas'udiyah, untuk fakultas Syari'ah dengan program studi Muamalah dan fakultas Tarbiyah program studi Pendidikan agama Islam. Akhirnya melalui proses penyelesaian kelengkapan administrasi, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Mas'udiyah memiliki ijin penyelenggaraan dari Departemen Agama pada waktu itu melalui keputusan Direktur Jenderal Binbaga Islam Departemen Agama RI Nomor Dj.II/45/03 tertanggal 04 April 2003, yang kemudian masa ijin penyelenggaraan pendidikan diperpanjang/diperbaharui dengan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor Dj.I/362/2009.

STAI Al-Mas'udiyah Sukabumi menyadari bahwa dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi dibidang ilmu agama dan kemasyarakatan ini ditentukan oleh korelasi antara jumlah dan mutu edukatif, tenaga penunjang, mahasiswa, sarana dan prasarana lainnya. Hal ini erat kaitannya dengan peningkatan daya tampung, peningkatan produktifitas serta peningkatan kemampuan untuk berkembang. Oleh karenanya, STAI Al-Mas'udiyah Sukabumi telah diakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2010 yang lalu dengan predikat nilai B untuk masing-masing program studi.

PROGRAM STUDI (PRODI)
1. Hukum Ekonomi Syari'ah (HES)
2. Pendidikan Agama Islam (PAI)

ALAMAT
Jl. Raya Sagaranten Km. 26 Rindu Alam - Buni Ayu, Nyalindung - Sukabumi
 Telepon:   (0266) 480303
Kode Pos: 43196
Email: info@staimas.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://www.staimas.ac.id

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id