Mencampur Zakat Fitrah Masyarakat Menurut Hukum Islam

 
Mencampur Zakat Fitrah Masyarakat Menurut Hukum Islam

PERTANYAAN :

Assalamualaikum. Amil zakat adalah mereka yang diangkat oleh Imam untuk mentasarrufkan zakat. Namun dalam kenyataan di kampung banyak panitia yang mengangkat diri sebagai amil tanpa mandat dari pemerintah.

  • 1. Apakah mereka sah sebagai amil yang berhak menerima zakat ?
  • 2. Zakat fitrah yang panitia kumpulkan dari masyarakat kemudian dibagikan kepada faqir miskin yang bisa saja beras yang diterima si miskin ini adalah berasnya sendiri, atau tercampur sebagian dengan milik orang lain. Bagaimana hukumnya ?

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam.

  • 1. Tidak sah panitia yang mengangkat diri sebagai amil zakat tanpa mandat dari pemerintah (imam yang sah).
  • 2. Tindakan panitia di atas (mengumpulkan dan mengoplos beras zakat, dan dibagi lagi) tidak dibenarkan, karena memungkinkan sebagian beras zakat kembali lagi pada orang yang punya, sementara orang yang menunaikan zakat tidak boleh menerima kembali zakatnya sendiri. Wallohu a'lam. 

: الأم الجزء الثاني ص 84

ولا يجوز لك إذا كانت الزكاة فرضا عليك أن يعود إليك منها شئ فإن أديت ما كان عليك أن تؤديه وإلا كنت عاصيا لو منعته فإن قال فإن وليتها غيرى؟ قيل إذا كنت لا تكون عاملا على غيرك لم يكن غيرك عاملا إذا استعملته أنت ولا يكون وكيلك فيها إلا في معناك أو أقل لان عليك تفريقها (1) فإذا تحقق منك فليس لك الانتقاص منها لما تحققت بقيامه بها (قال) ولا أحب لاحد من الناس يولى زكاة ماله غيره لان المحاسب بها المسئول عنها هو فهو أولى بالاجتهاد في وضعها مواضعها من غيره وأنه على يقين من فعل نفسه في أدائها وفى شك من فعل غيره لا يدرى أداها عنه أو لم يؤدها فإن قال أخاف حبائى فهو يخاف من غيره مثل ما يخاف من نفسه ويستيقن فعل نفسه في الاداء ويشك في فعل غيره

Sumber: Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah