Ziarah di Makam Sunan Gunung Jati, Penata Agama dari Tanah Sunda

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Sunan Gunung Jati, Penata Agama dari Tanah Sunda

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sunan Gunung Jati merupakan salah satu anggota Wali Songo, yakni wali yang menyebarkan agama Islam di Indonesia khususnya pulau Jawa. Beliau memiliki nama asli Syarif Hidayatullah atau dalam bahasa Arab disebut dengan Sayyid Al-Kamil.

Profil
Sunan Gunung Jati memiliki nama Syekh Syarief Hidayatullah yang dilahirkan Tahun 1448 Masehi. Ayahanda beliau adalah Syarif Abdullah, berasal dari Mesir keturunan ke 23 Rosulullah SAW, bergelar Sultan Maulana Muhamad, Ibunda Syekh Syarief Hidayatullah adalah Nyai Rara Santang dan setelah masuk Islam berganti nama menjadi Syarifah Muda’im adalah Putri Prabu Siliwangi dari kerajaan Padjajaran.

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. Syarif Abdullah
  2. Jamaluddin Akbar al-Husaini
  3. Ibnu Atha’illah al-Iskandari al-Syadzili
  4. Syekh Maulana Ishak
  5. Sunan Ampel
  6. Syekh Datuk Kahfi

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi Sunan Gunung Jati

Lokasi Makam
Makam Sunan Gunung Jati terletak di Gunung Sembung, Desa Astana, Cirebon Utara.

Makamnya terletak di Gunung Sembung, Desa Astana, Cirebon Utara.

Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Hidup Sunan Gunung Jati: Ulama Wali Songo & Sultan Cirebon", https://tirto.id/gceC

Haul
Sunan Gunung Jati wafat pada bulan Dzulhijjah 974 H, Acara haul biasanya diperingati oleh lingkungan keraton Cirebon dan warga sekitar lingkungan sekitar. Untuk acara haul Sunan Gunung Jati di rayakan di Masjid  Agung Sang Cipta Rasa Cirebon.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam Sunan Gunung Jati banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Cirebon saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa. Makam Sunan Gunung Jati yang terletak di Jalan Raya Sunan Gunung Jati, Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa di makam Sunan Gunung Jati, maka segala keinginan pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, mereka meyakini bahwa karomah dari Sunan Gunung Jati bisa meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam menuntut ilmu. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pedagang, berdoa di makam ini konon adalah jaminan kesuksesan dalam usaha yang dijalankannya.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Mojokerto di antaranya:
Sirup Tjampolay, Terasi Udang Cirebon, Kue Gapit, Jambal Roti, Serabi, Kerupuk Rambak, Keripik, Batik Cirebon