Inilah Wasiat Rasulullah Supaya Ilmu Bermanfaat

 
Inilah Wasiat Rasulullah Supaya Ilmu Bermanfaat

LADUNI.ID, Jakarta - Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, Jawa Barat KH M. Luqman Hakim menceritakan tentang kisah Rasulullah yang pernah memberikan wasiat kepada Abu Dzar.

Ketika Abu Dzar ditanya sebuah ilmu oleh Rasulullah, maka Rasulullah menegaskan hendak lah sejujurnya dia mengatakan apa yang dia tahu dan mengatakan sejujurnya apa yang tidak dia tahu tentang sebuah ilmu.

“Wasiat Nabi Muhammad SAW kepada Abu Dzar ra: ‘Jika kamu ditanya ilmu yang kamu tidak tahu, jawablah, ‘Saya tidak tahu’. Itu akan menyelamatkan yang belajar ilmu. Jangan berfatwa yang kamu tidak mengerti, kamu akan selamat dari azab Allah di hari kiamat’,” terang KH M. Luqman, melalui akun twitternya, Senin (8/7).

Baca juga: Semangat Juang untuk Para Penuntut Ilmu

KH Luqman Hakim yang juga direktur Sufi Center itu mengatakan bahwa hendaknya setiap muslim menjauhkan diri dari pamrih keduniaan. Salah satunya seperti menuntut ilmu agar dipandang oleh manusia lain.

KH Luqman Hakim kemudian mengutip Sabda Nabi bahwa tipe manusia tersebut tidak akan mencium aroma surga. “Nabi Muhammad SAW: ‘Siapa yang mencari Ilmu dengan tujuan agar dipandang oleh manusia, ia tak akan meraih aroma surga’,” jelas KH Luqman Hakim.

Baca juga: Mengenal Empat Imam Madzhab Ilmu Fiqih

Selain itu, KH Luqman juga mengatakan bahwa cinta hendaknya mendahului ilmu. Sebab, sesulit apa pun ilmu yang dipelajari, jika didahului rasa cinta pada ilmu, segalanya jadi mudah.

Sama halnya ketika pendidikan kehilangan cinta, kegersangan akan menumbuhkan kekerasan siswa. “Ilmu menjadi tidak manfaat. Yuk, mengajar dengan cinta, keikhlasan, dan doa,” pungkas KH Luqman Hakim. (Sumber: nu.or.id dan arrahmah.co.id)