Tawakalnya Putri Dzun Nun Bawa Berkah Langsung dari Langit Selama Bertahun-tahun

 
Tawakalnya Putri Dzun Nun Bawa Berkah Langsung dari Langit Selama Bertahun-tahun

Oleh USTADZ NUR HAYID

LADUNI.ID, Jakarta - Suatu saat, Dzun Nun Al Mishri menjala ikan di laut. Untuk menemaninya, dia ajak putrinya yang masih kecil. Setelah melempar jala, ada ikan yang terjaring, saat akan diambil oleh anaknya, mulut ikan itu bergerak-gerak menunjukkan sedang dzikir kepada Allah.

Tahu ikan yang terkena jala itu berdzikir, putrinya yang sudah melepaskan ikan dari jaring jala itu langsung melepas lagi ikan itu ke laut. Melihat perilaku gadis kecilnya itu, Dzun Nun heran, lalu bertanya pada putrinya, “kok dilepas lagi?”

Putri yang masih kecil itu spontan menjawab, “aku gak mau makan ikan yang yang sedang berdzikir kepada Allah.”

Selanjutnya, Dzun Nun nanya pada putrinya, “lalu kita ngapain lagi sekarang?”

Putri kecil itu menjawab, “kita pasrah dan tawakkal kepada Allah. Biarkan Allah yang kasih rezeki dari makhluq-nya yang tak berdzikir kepadanya.”

Dzun Nun menuruti maunya putrinya, dan tak menjala lagi, serta diam saja.

Sampai sore tiba, tak ada rezeki yang didapatkan. Hingga saat waktu isya tiba, Allah menurunkan hidangan dengan beraneka macam makanan siap santap langsung dari langit.

Kejadian aneh ini terus berlanjut sampai 12 tahun lamanya, sebagai anugerah dari Allah bagi putri Dzun Nun yang tawakkalnya kelas 'dewa'. Dzun nun tak sadar, dia merasa anugerah ini karena ketekunannya dalam ibadah salat, puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

Hingga suatu hari, putrinya yang punya tawakkal kelas 'dewa' itu meninggal dunia. Maka sejak saat itu, tak turun lagi hidangan dari langit dengan aneka makanan yang beragam itu.

Baru Dzun Nun sadar bahwa anugerah besar jamuan Allah langsung itu karena tawakkal putrinya, bukan karena ibadahnya. Bagaimana dengan tawakkal kita saudaraku? Waman yatawakkal alallah fahuwa hasbuh...