Pesantren Terpadu Al Istiqomah Kab. Sukabumi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Terpadu Al Istiqomah Kab. Sukabumi

Profil

Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah dirintis dan didirikan oleh beberapa orang tokoh yang notabene adalah para aktivis dakwah, alumni beberapa pondok pesantren dan perguruan tinggi. Hal inilah yang menjadi sedikit pembeda dengan pesantren lainya yang umumnya didirikan oleh seorang figur sentral, yang pengelolaan dan kepemilikan selanjutnya dikuasai oleh seorang kiai dan bersifat turun temurun.

Namun tidak demikian dengan Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah, pesantren ini didirikan oleh sekelompok orang, yang bahkan memiliki latar belakang organisasi kemasyarakatan yang berbeda, diantaranya adalah PUI, HMI, PMII, dan PII. Yang menjadi ‘simpai pengikat’-nya, adalah kesamaan idealisme dalam upaya menyemaikan nila-nilai luhur yang menjadi intisari Islam yakni; Keadilan Ilahi, Kemerdekaan Sejati dan Persaudaran Universal..

Para perintis dan pendiri Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah ini dikomandani oleh seorang Kiayi yang berwawasan kosmopolit dan mondial, bersikap elegan dan egaliter. Seorang alumni IAIN syarief Hidayatullah, yaitu KH Royanuddin AS yang akrab disapa ‘Buya’. Beliau adalah murid langsung dari seorang ulama karismatik dan eksentrik Mama Ajengan Badri Sanusi yakni putra dari ulama besar Mama Ajengan Ahmad Sanusi Sukabumi.

Beliau juga adalah murid ‘khusus’ langsung dari ulama besar Tasikmalaya Mama Ajengan Khoer Affandi. Ketika mahasiswa beliau adalah aktivis pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Bahkan saat masih duduk di bangku SLTP beliau sudah menjadi aktivis yang cukup progress dan mobile pada salah satu organisasi pelajar yaitu Pelajar Islam Isndonesia (PII).

Dengan latar belakang seperti terurai di atas, tak heran jika pada saat menjadi mahasiswa beliau pernah mondok di hotel ‘prodeo’ alias penjara, ekses dari represivitas rezim Orde Baru atas aktivitas-aktivitas beliau yang membuat gerah pemerintah saat itu. Inilah hal unik selanjutnya, dimana sejarah kelahiran Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah, didirikan oleh seorang mantan tahanan politik yang tak memiliki modal apapun kecuali kehendak dan cita-cita.

 

Pengasuh

  1. KH Royanuddin AS
  2. Ust. Abdurrahman Badruddin,
  3. Ust. Acun Basuni, BA

Pendidikan

Pondok pesantren ini juga merupakan pesantren yang masih mempertahankan pengajaran kitab-kitab Islam klasik, meskipun di daerah Babakan itu sendiri telah banyak berdiri pondok pesantren lain. Akan tetapi santrinya tidak kalah banyak dengan pondok pesantren yang ada di sekitarnya. Selain itu, pondok ini juga memiliki program bagi masyarakat sekitar yaitu Majlis Ta’lim sabtunan (bapak-bapak), selasanan (ibu-ibu) dan sebagainya.

Pendidikan Formal
  1. MTs
  2. MA


Pendidikan Non Formal

1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Tahassus Pendalaman  Kitab Kuning
 

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Pramuka
8. Beladiri
9. English Club
10. Komputer
11. Futsal
12. Volly
13. Basket
14. Tenis meja
15. PMR
16. Paskibra
 


 


 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. Koperasi
 

Alamat

Jl. Pelabuhan II Km. 10 Pasirmalang Sukabumi
Kode Pos : 43156
Telepon: (0266) 321 050

 

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.