Pesantren DDI Mangkoso, Kab Barru, Sulsel

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.2
Tahfidz1 Laboratorium4
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren DDI Mangkoso, Kab Barru, Sulsel

Profil

Haji Muhammad Yusuf Andi Dagong diangkat menjadi arun (di Swapraja Soppeng Riaja salah satu kecamatan dalam wilayah Kabupaten Barru Sulawesi-Selatan). Tiga tahun kemudian beliau mendirikan tiga buah masjid dalam wilayah kekuasaannya, salah satu berada di Mangkoso sebagai wilayah ibukota kerajaan.

Namun masjid tersebut tidak pernah berisi jama'ah karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap ajaran Islam, untuk mencari solusi diadakan pertemuan di Swapraja, Mangkoso. Pertemuan itu menyepakati untuk membuka lembaga pendidikan dengan meminta anregurutta H. Muhammad As'ad seorang ulama memimpin yang memimpin madrasah/pesantren MAI di Sengkang Wajo, agar mengirim seorang muridnya yaitu, gurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle untuk mengelola lembaga pendidikan (bugis-angajiang) yang akan di buka di Mangkoso.

Tanggal 29 syawal 1357 H. atau bertepatan 21 Desember 1938, Anregurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle, resmi membuka pesantren di Mesjid Jami’ Mangkoso dengan sistem Halaqah, (Bugis: Manggaji tudang) kemudian pada tanggal 20 dzulqaidah 1357 H. atau Januari 1939 dibuka tingkatan Tahdiriyah, Ibtidaiyah ,dan Madrasah Tsanawiyah. Pesantren tesebut diberi nama Madrasah Arabiyah Islamiyah (MAI) Mangkoso. Dalam perkembangannya MAI membuka berbagai cabang daerah misalnya, di Pangkep, Soppeng, Wajo, Sidrap, Majene, dan berbagai daerah lainnya.

Tahun 1947, berdasarkan pertemuan Alim ulama/kadhi Sulawesi Selatan serta guru-guru MAI. tanggal 16 Rabiul Awal 1366 atau 7 Pebruari, nama nama Madrasah Arabiyah Islamiyah MAI Mangkoso dan cabang-cabangnya diubah menjadi (Darud da'wah wal-irsyad) DDI, sebagai organisasi da'wah dan sosial kemasyarakatan yang berpusat di Mangkoso.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.