Soal Rektor Asing, Puan: Fokus Pemerintah adalah SDM Unggul

 
Soal Rektor Asing, Puan: Fokus Pemerintah adalah SDM Unggul

LADUNI.ID, Jakarta - Menko PMK Puan Maharani memberi tanggapan mengenai rencana pemerintah (dalam hal ini Kemenristekdikti) untuk mendatangkan rektor asing. Menurut Puan, proyeksi pemerintah memang untuk meningkatkan kualitas SDM ke depan.

"Ya ini mau kita lihat yang pasti ke depan itu fokus pemerintah adalah SDM yang lebih unggul, sumber daya manusia Indonesia yang lebih berdaya dan bisa mempunyai kompetensi lebih baik. Ya bagaimana ya menuju ke arah sana," terang Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (5/7).

Puan juga menanggapi bahwa wacana tersebut memang berkaitan dengan strategi untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi di Indonesia.

"Jadi semangatnya bagaimana universitas itu bisa lebih baik daripada sekarang. Kenapa kemudian kita tidak mencoba untuk bisa mempunyai pemikiran yang lebih maju, namun tentu saja itu harus dilihat lagi konsekuensi dan manfaat ke depan seperti apa," terang Puan.

Sebelumnya, wacana mendatangkan rektor asing yang dilempar oleh Menristekdikti M Nasir sudah mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hanya saja, Nasir masih mempersiapkan mengenai kemungkinan bagus tidaknya jika dilakukan saat ini.

"Beliau setuju, tergantung bagaimana saya siapkan, kalau persiapan tidak bagus ya mungkin kita pending atau bagaimana," terang Nasir pada acara pengambilan sumpah dokter baru ke-227 di Undip, Semarang, Kamis (1/8) lalu.