Pesantren Darun Najah, Sumbersuko Kab. Lumajang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Darun Najah, Sumbersuko Kab. Lumajang

Profil

Pondok pesantren Darun Najah sendiri merupakan salah satu pondok pesantren yang berbasis salafiyah. Dan pondok pesantren Darun Najah ini berlokasi di Petahunan, Sumbersuko, Petahunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67316.  Pondok pesantren Darun Najah berdiri pada tahun 1995 dan perkembangan dari pondok pesantren Darun Najah ini bermula dari berdirinya Madrasah Diniyah Awaliyah yang pada saat itu jumlah santrinya belum banyak sekitar berjumlah 20 orang dan jumlah tenaga pengajarnyapun masih sedikit sekitar 3 orang.
 
Seiringan berjalannya waktu dan perkembangan zaman juga mulai modern, maka pondok pesantren Darrun Najah ini mulai melakukan perkembangan dan perkembangan di Pondok Pesantren Darun Najah semakin meningkat sehingga didirikan pendidikan formal lanjutan kembali yaitu MTs.Darun Najah pada tahun 1998 dan hal tersebut mulai berlanjut dan pada tahun 2003 Pengurus PP. Darun Najah mendirikan pula Pendidikan MA, lambat laun PP. Darun Najah mendirikan SMK pada tahun 2011.
 
Dengan hal tersebut dan dengan perkembangan yang dilakukan pondok pesantren Darun Najah maka lengkaplah pendidikan Pondok Pesantren Darun Najah, sehingga pondok pesantren Darun Najah dapat menciptakan santri yang berkompetensi, mempunyai kecerdasan ganda (Multiple Intellegence) serta santri yang berakhlaqul karimah.

Sejarah
Pondok pesantren Darun Najah merupakan lembaga pendidikan Islam berbasis salafiyah. Pondok pesantren Darun Najah Lumajang lahir atas
dasar ulama’ dan ikhtiar dari KH. M. Chozin Barizi yang sekaligus bertindak sebagai pengasuh. KH. M. Chozin Barizi adalah salah satu santri alumni pondok pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur, beliau juga terkenal seorang kiai yang alim di Asia khususnya di daerah Lumajang dan sekitarnya.

Pondok pesantren Darun Najah yang beralamat di jalan KH. Musthofa No. 5 Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang yang didirikan pada tanggal 28 Agustus tahun 1998. Lokasi pondok pesantren Darun Najah yang terletak di jantung kota kurang lebih 3 km. Pondok pesantren Darun Najah terletak sangat strategis dan dekat dari pemandian alam selokambang, dengan luas tanah 10.000 M2 dengan luas bangunan 3.100 M2 yang status tanahnya bersertifikat.

Tentang pemberian nama Darun Najah pada pesantren ini disebutkan oleh KH. M. Chozin Barizi adalah kata Darun dalam kamus Bahasa Arab yang berarti rumah sedangkan Najah yang berarti kesuksesan. Jika nama ini digabungkan adalah rumah kesuksesan, yang mana maksud pemberian nama
ini tidak lain ujungnya adalah barang siapa yang nyantri di Darun Najah diharapkan sukses dalam hal apapun.

Dan kisah dahulu kala, ayah dari KH. M. Chozin Barizi yang bernama KH. Barizi pernah di tabrak (kecelakaan) oleh Alm. Hasyim As’ari kemudian KH. Barizi hanya minta barokah do’a, kelak anak cucunya menjadi orang yang sukses dalam segala hal. Alhamdulillah dengan izin Allah SWT kesuksesan selalu mengikuti keluarga KH. M. Chozin Barizi.

Merupakan sunnatullah bahwa segala sesuatu berangkat dari yang kecil dan kemudian berkembang menjadi besar, demikian juga dengan
pondok pesantren Darun Najah yang awal berdirinya santri yang mondok hanya berjumlah 13 orang, saat ini sudah mencapai kurang lebih 600 santri.
Demikian juga dengan fasilitas dan lembaga pendidikannya.

Awalnya kamar-kamar santri hanya terdiri dari 10 kamar, kini sudah direnovasi dan direhab menjadi bangunan yang permanen yang berdiri megah diatas tanah seluas kurang lebih 10.000 M2. Kemudian kamar bertambah menjadi 25 kamar dan 5 asrama khusus untuk santri yang menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan jumlah santri kesleuruhan 600 dari kelas ula dan wustho.

Awalnya pondok pesantren Darun Najah ini adalah pondok salaf yang hanya mengajarkan pendidikan agama saja, pembacaan kitab kuning, dan sekolah diniah. Semakin majunya dunia pendidikan akhirnya pesantren Darun Najah ini mendirikan pendidikan formal pada tahun 1999 terdiri dari MTs dan MA saja. Lambat laun pondok pesantren Darun Najah jumlah santrinya semakin meningkat. Pada tahun 2011 pesantren Darun Najah ini mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sekolah Kejuruan ini hanya ada dua yaitu teknik komputer dan jaringan serta tata busana. Selain itu setiap lembaga sekolah antara MTs, MA, dan SMK memiliki ekstrakurikuler dan program unggulan yang berbeda di setiap lembaga. Adapun program atau kegiatan penunjang di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) antara lain kegiatan kitab kuning dan kontemporer, dibaiyah, Arabic and English conversation, banjari nasyid, kaligrafi, qiro’ah, jurnalistik keterampilan serta muhadaroh 3 bahasa (latihan berpidato).

Selain program penunjang atau kegiatan tersebut, juga terdapat lembaga yang menunjang dan mewujudkan misi pondok pesantren yaitu dengan adanya lembaga pengembangan bahasa Arab (LPBA), lembaga pengembangan bahasa Inggris (LPBI) wahdana, dan iksadana yang mana semuanya itu berjalan sampai sekarang. Maka lengkaplah pendidikan di pondok pesantren Darun Najah sehingga dapat menciptakan santri yang berkompetensi, mempunyai kecerdasan ganda (Multiple Intellegence) serta santri yang berakhlakul karimah.
Pendiri
KH. Moch. Khozin Barizi
Pengasuh
KH. Moch. Khozin Barizi

Pendidikan

 Pendidikan Formal
1. MTs
2. MA
3. SMK

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

Darun Najah Pesantren Darun Najah memiliki ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Keputrian
  8. Marchingband
  9.  Komputer
  10. Pramuka
  11. Seni Hadroh
  12. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  13. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  14. PMR
  15. Paskibra
     


Hadrah di pesantren Darun Najah


Pelatihan komputer di pesantren Darun Najah

Fasilitas

Pesantren Darun Najah memiliki Fasilitas sebagai berikut:
1. Fasilitas Beribadah      
2. Asrama Santri
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Laboratorium IPA
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang Multimedia
9. Balai Latihan Kerja
10. Lapangan
11. Toko ATK/Fotocopi
12. Minimarket
13.  Kantin
14. Wifi/Internet
15. Ambulan
16. Ruang Kesehatan
17. MCK
18. Sanitasi


Gedung pesantren di pesantren Darun Najah


Laboratorium komputer di pesantren Darun Najah

Alamat

Jl. KH. Musthofa No. 05 Petahunan Sumbersuko Lumajang, Sumbersuko, Lumajang, Jawa Timur
Telpon: 0334-886-046
Kode Pos : 67316

 

KUNJUNGI JUGA


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.