Kunci Sukses Menjalani Kehidupan

 
Kunci Sukses Menjalani Kehidupan
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

LADUNI.ID, Jakarta - Ikhtiar merupakan salah satu washilah (perantara) mencapai kesuksesan. Selain itu berpikiran positif juga menunjang kesuksesan dalam menjalani kehidupan.

KH Agoes Ali Masyhuri atau kerap disapa Gus Ali mengungkapkan kunci kesuksesan seseorang itu terletak pada pikirannya yang positif. Menurut Gus Ali, berpikiran positif jadi dasar kekuatan untuk mencapai kesuksesan seseorang. Maka bagi kalangan pengusaha maupun pekerja, berpikir positif merupakan pondasi menapaki perjalanan usahanya.

"Berpikir positif itu merupakan kekuatan dasar, bahkan separuh daripada kesuksesan seseorang. Oleh karena itu, belajarlah berpikir positif. Yang Jelek-jelek dibuang di tempat sampah saja. Karena akhir-akhir ini banyak orang yang kepalanya penuh dengan sampah-sampah kehidupan. Jadi kepalanya itu penuh dengan keranjang sampah,” tutur kiai yang juga Pengasuh Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo ini.

Penyebab banyaknya orang yang isi kepalanya berisi sampah kehidupan, kata Gus Ali, adalah adanya kesalahan dalam memaknai kesulitan dan rintangan sebagai sebuah penderitaan.

Hal ini disebabkan karena banyak orang yang salah dan keliru dalam memaknai kesulitan dan rintangan hidup dianggap sebagai penderitaan. Sehingga saat hendak tidur tidak bisa nyenyak, tidak bisa mencintai keluarganya dengan baik dan tulus.

“Itu disebabkan orang-orang semacam ini pasti tidak memiliki rasa percaya diri dan biasanya mereka tidak mampu untuk berpikir positif. Hari ini kita dihadapkan kenyataan bahwa banyak orang yang kehilangan dirinya sendiri. Secara psikologi, orang yang kehilangan dirinya sendiri pasti tidak percaya diri. Orang yang tidak percaya diri pasti tidak siap bersaing sehat dengan orang lain. Orang yang tidak percaya diri pasti tidak mampu berpikir positif. Pikirannya selalu jelek dan penuh dengan kecurigaan,” terangnya.

Gus Ali menjelaskan, bersama kesulitan, pasti ada kemudahan. Bersama kesulitan pasti ada kelapangan. Bersama penyakit, pasti ada obatnya. Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Bersama kegagalan pasti ada kesuksesan.

Ilmuan Thomas Alfa Edison, terang Gus Ali mencontohkan, dalam risetnya untuk menemukan lampu, ia mengalami banyak kegagalan. Namun ia tidak putus asa karena selalu berpikiran positif. Alhasil akhirnya lampunya bisa dinikmati oleh manusia sedunia.

Lebih lanjut Gus Ali menuturkan, jangan percaya ada karya hebat lahir dari orang yang pikirannya jelek. Karya hebat lahir dari orang-orang yang pikirannya positif.

"Maka sering saya sampaikan di berbagai kesempatan. Nasib baikmu bukan berasal dari ijazah yang kau punya. Nasib baikmu bukan ditentukan oleh atribut yang kau pakai. Tapi nasib baikmu ditentukan oleh isi pikiranmu pada saat ini,” pungkasnya menguraikan. (*)


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 04 September 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

_____

Editor: Athallah Hareldi