Pesantren PPQ Al Amin Purwokerto

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren PPQ Al Amin Purwokerto

Profil

Pondok Pesantren Al-Qur’an (PPQ) Al-Amin didirikan pada tanggal 20 Desember 1994 bertempat di kelurahan Pabuaran Purwokerto Utara di asuh oleh Ust KH Drs Ibnu Mukti, M.PdI dan Dra Permata Ulfah, Ak. Cikal bakal dari didirikannya PPQ. Al Amin atas ide Bapak KH. Drs. Ibnu Mukti dan di dukung oleh Keluarga Besar Ibu Hj. Siti Aminah. Mula-mula hanya diadakan pengajian umum setiap malam Kamis di Musholla Nurul Barokah dan Musholla Baitul Muttaqin. Kemudian untuk selanjutnya ada sebagian anak-anak dan remaja yang ingin belajar membaca  Al Qur’an. Mereka belajar setiap ba’da Maghrib.

 

Pondok Pesantren Al Amin Pabuwaran dirintis oleh beliau Bapak KH. Drs. Ibnu Mukti. Sampai saat ini jumlah santri sekitar + 70 santri mukim/menetap, yang sebagian besar adalah mahasiswa, dan berasal dari luar Purwokerto. Pondok Pesantren Al Amin mempunyai misi mendidik dan mencetak generasi masa depan yang berjiwa ikhlas dan barokah dalam berjuang Islam.

 

Terdapat banyak cerita lika-liku dibalik perjalanan berdirinya PPQ Al Amin sampai sekarang ini. Dimulai dari tahun 1992 ketika Abah Kyai beserta keluarga datang ke Purwokerto dari Jakarta karena Ibu Kyai baru diterima menjadi dosen di Fakultas Ekonomi UNSOED. Abah Kyai dan Ibu Kyai adalah sebutan lazim bagi para santri untuk memanggil K.H. Ibnu Mukti dan istrinya yang menjadi pengasuh sekaligus perintis PPQ Al Amin.

Abah Kyai dan keluarga awalnya tinggal di Sumampir sebelum di Pabuwaran. Di samping mendampingi Ibu Kyai di Purwokerto, beliau pun menyibukkan diri di jalan dakwah. Abah mendatangi mushola-mushola dan masjid untuk memberikan ceramah keagamaan, mengajar ngaji pada masyarakat. Sejak itulah beliau dikenal sebagai seorang ustadz dan seorang ulama. Ibu Hj. Siti Aminah, seorang jamaah mewakafkan sebidang tanah di Kelurahan Pabuwaran.

Pada tahun 1993, Abah dan keluarga pindah ke Kelurahan Pabuwaran. Awalnya mereka tinggal di sebuah rumah kecil, sedangkan tanah wakaf yang akan dibangun pondok pesantren masih berupa tanah kosong yang tidak rata dan ditumbuhi pepohonan secara alami.  Untuk membangun pondok, tanah wakaf tersebut harus diratakan dengan tanah yang didatangkan lebih dari sepuluh bak truk.

Selanjutnya, pembangunan pondok dimulai dari pondok putra sedikit demi sedikit. Setelah lantai pertama pondok putra selesai dibangun, Abah sekeluarga pindah tinggal di dalamnya dan santri putra yang berasal dari daerah Purwokerto menghuni kamar di sebelahnya. Lalu, Abah bersama para santri membangun lantai dua dan tiga. Setelah pondok putra selesai dibangun, mereka lanjut membangun pondok putri pusat dan ndalem(rumah Abah yang ditinggali sekarang).

       Pengasuh

KH. Ibnu Mukti

Pendidikan

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5.  Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Marchingband
  8.  Komputer
  9. Pramuka
  10. Seni Hadroh
  11. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  12. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
     


Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula


 

Alamat

Jl. H.R Benyamin Gn. Sindoro, no 13A, Pabuwaran, Pabuaran, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telpon: 0856-4242-1091

Kode Pos : 53124

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.