624 Mahasiswa Baru Ikut PKKMB STKIP PGRI Sumenep 2019

 
624 Mahasiswa Baru Ikut PKKMB STKIP PGRI Sumenep 2019

LADUNI.id, Sumenep - Ratusan mahasiswa baru (maba) mengikuti upacara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Sumenep Madura, Jawa Timur, di halaman Gedung Seni Budaya setempat, Jum’at (6/9/2019) 

Berdasarkan informasi, total mahasiswa baru mencapai 624 mahasiswa. Ratusan mahasiswa itu, tersebar di enam Program Studi (Prodi), yakni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Bimbingan dan Konseling, Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, serta Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 

Ketua STKIP PGRI Sumenep Dr. Asmoni, M.Pd menyampaikan, peserta PKKMB tahun ini mengalami peningkatan yang luar biasa dibandingkan tahun sebelumnya. Pihaknya memastikan acara PKKMB sejalan dengan program pemerintah dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang unggul. Tidak ada perpeloncoan dan kekerasan di acara PKKMB, seluruh peserta PKKMB akan diberi bekal penanaman cinta NKRI, bahaya Narkoba, dan bahaya paham-paham radikalisme.

“Tema PKKMB tahun ini adalah Mewujudkan Mahasiswa Kritis Patisipatoris dan berkarakter menuju Indonesia Unggul. Maka dari itu saya ucapkan selamat datang mahasiswa baru 2019, selamat bergabung di STKIP PGRI Sumenep,” katanya di depan awak media, Jum’at (6/9/2019).

Dengan banyaknya peserta PKKMB tahun ini, Dr. Asmoni, M.Pd  yakin sejalan dengan spirit STKIP PGRI Sumenep untuk tampil sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) unggul dan terbaik di Madura. Sehingga melalui kegiatan ini, mahasiswa benar-benar mampu dan tanggap sebagai insan akademik yang unggul.

“Dengan adanya kebebasan mimbar akademik, mahasiswa baru harus mampu memberikan solusi terhadap isu dan gejala-gejala yang akan membahayakan persatuan Bangsa Indonesia,” harapnya.

Dalam rangka mewujudkan Tridharma perguruan Tinggi, Asmoni mengajak seluruh mahasiswa baru untuk benar-benar memanfaatkan waktu belajarnya sebaik mungkin. Karena banyak peluang yang bisa direbut, salah satunya kesempatan belajar/magang di luar negeri. 

“Kami sudah persiapkan kesempatan mahasiswa untuk magang di Thailand, Kamboja, dan Brunei Darusslam,” paparnya.
 
Selain akademik, peserta PKKMB juga diimbau aktif mengembangkan diri dengan bergabung di berbagai organisasi yang ada di STKIP PGRI Sumenep, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP). Selain itu, STKIP juga memberikan layanan lebih yakni  mahasiswa bisa belajar tentang kewirausahaan.

“Saya kira ini kesempatan luar biasa untuk mahasiswa dalam belajar dan mengembangkan diri,” pungkasnya. 

Upacara PKKMB ini dipimpin oleh Ketua STKIP PGRI Sumenep yang bertindak sebagai Pembina upacara. Serta dihadiri Ketua dan jajaran Perkumpulan Pengurus Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi, Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP PT PGRI) Kabupaten Sumenep serta jajaran pimpinan dan sivitas akademika STKIP PGRI Sumenep.

Kegiatan semakin meriah dengan diisi dengan penampilan Flash Mob mahasiswa baru dengan berbagai antraksi, pelepasan ratusan balon, serta dihibur oleh penampilan UKM Paduan Suara Bintang Sembilan STKIP PGRI Sumenep. Acara PKKMB STKIP PGRI Sumenep ini akan berlasung dari tanggal 6 -8 September 2019. (*)