Ziarah di Makam Syaikh KH.R Ronggo Kusumo, Pendakwah Islam di Desa Ngemplak Pati

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syaikh KH.R Ronggo Kusumo, Pendakwah Islam di Desa Ngemplak Pati

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syaikh KH. R Ronggo Kusumo adalah salah satu wali yang menyebarkan dan mendakwahkan agama Islam. Beliau diperintahkan untuk membuka tanah (menebang hutan) disebelah barat Desa Kajen. Perintah beliau dilaksanakan penuh tanggungjawab sehingga dalam waktu yang singkat (konon dalam waktu satu malam) tanah tersebut terlihat emplak-emplak, sehingga oleh beliau dinamai Desa Ngemplak. Raden Ronggo Kusumo menetap di Desa tersebut dan berjasa besar dalam menyiarkan Agama Islam.

Profil

Raden Ronggokusumo adalah putera Ki Agung Mruwut yang masih keponakan KH. Ahmad Mutamakkin. Ki Ageng Mruwut sendiri merupakan putra dari Pangeran Tatir atau Sayid Ali yang merupakan putra dari Pangeran Kusumo Negoro. Kusumo Negoro merupakan putra dari Pangeran Hadi Negoro atau Pangeran Benowo yang merupakan anak dari Sultan Hadi Wijaya atau Joko Tingkir.

Nasab :

Kartawijaya + Putri Cempo (1478-1501)
Raden Trenggono + Roro Purbayan (1504-1546)

Mempunyai anak keturunan :
Pangeran Sekar, Raden Trenggono, Putri
Raden Trenggono + Roro Purbayan mempunyai putri, satu diantaranya adalah putri III yang seterusnya menghasilkan keturunan bernama Waliyullah Syekh Ronggo Kusumo Ngemplak Kidul. Berikut silsilahnya :

DARI JALUR PUTRI III :
Putri III (Ratu Kalinyamat) + Pangeran Hadlirin (Adipati Jepara 1549-1579)
Sunan Bejagung
Raden Tanu
Putri Raden Tanu + Sumohadinegoro
Abdullah Ki Ageng Mruwut Tuban
RONGGO KUSUMO (Ngemplak Kidul Kab.Pati)

DARI JALUR PUTRI IV :
Putri IV + P.Hadiwijoyo/Joko Tingkir (Pajang,1568-1586)
Sumohadiningrat (Pangeran Benowo)
Sumohadinegoro + Putri Raden Tanu
Abdullah Ki Ageng Mruwut
RONGGO KUSUMO (Ngemplak Kidul Kab.Pati).

Diambil dari sumber : Cetakan lembar silsilah dari Pengurus Makam Ronggo Kusumo Ngemplak Kidul pada 20 Nopember 2009 saat Haul 10 Safar.

Lokasi Makam

Makam Syaikh KH.R Ronggo Kusumo letaknya tidak jauh dari makam Syaikh Muttamakin. Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit sudah sampai dimakam ini. Makam beliau terletak di Desa Ngemplak, Kecamatan Margoyoso,Kabupaten Pati

Haul

Haul Syaikh KH.R Ronggo Kusumo, diperingati pada tanggal 10 Sapar (kalender hijriyah) . Haul beliau diadakan pengajian dan khotmil qur’an di masjid Syaikh Ronggo Kusumo. Dalam acara tersebut banyak pengunjung yang datang ke masjid untuk ikut berpartisipasi dalam pengajian dan khotmil qur’an. Pada tanggal 10 Sapar akan diadakan acara “lelang kain luwur (mori)” yaitu melelang mori yang digunakan untuk menutupi kubur mbah Ronggo.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Syaikh KH.R Ronggo Kusumo banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Pati saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek keluarga

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Syaikh KH.R Ronggo Kusumo, dimudahkan dalam hajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan jodoh, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Pati di antaranya:
Kerupuk Udang Tambak, Brayo, Kerupuk Catak, Abon Lele, Koktail Belimbing, Jambu Air, Ikan Crispy, Wingko Salem.