Wisata Ziarah dan Ngalap Berkah di Makam Syech Maulana Malik Ibrahim Maghribi Boyolali

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Ngalap Berkah di Makam Syech Maulana Malik Ibrahim Maghribi Boyolali

Sekilas Sejarah

Makam ini cukup potensial sebagai tempat ziarah, karena terdapat Petilasan Ki Kebo Kanigoro, petilasan Syeh Maulana Malik Ibrahim Maghribi, Petilasan Ki Ageng Pantaran.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam di kaki gunung Merbabu dan air terjun Si Pendok. Setiap tanggal 20 Suro diadakan event upacara tradisional Buka Luwur.

Berada di Pantaran Desa Candisari Kecamatan Ampel. Yang berjarak tempuh dari kota 17 km. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam di kaki gunung Merbabu dan air terjun Si Pendok. Di sini juga terdapat fasilitas-fasilitas seperti : Bangsal tempat tirakat, Bukit Perkemahan Indraprasta.
Menurut Sardjono, juru kunci makam, Ki Ageng Pantaran adalah salah seorang tokoh penyebar agama Islam yang hidup di zaman kerajaan Demak Bintoro. Jasa Ki Ageng Pantaran banyak dikenal masyarakat setempat, ketika berhasil mendirikan masjid di tempat itu. ”Masjid inilah yang disebut masjid Pantaran yang artinya seusia atau sepantaran dengan pembangunan masjid Demak Bintoro,” kata Sardjono.

Konon, wilayah yang kemudian dinamakan Desa Pantaran itu semula kondisinya gersang. Tetapi kemudian menjadi makmur setelah Ki Ageng Pantaran bersama salah seorang pertapa berhasil menemukan mata air besar di perut gunung Merbabu. Mata air tersebut kini dikenal dengan nama Grojokan Sipendok. Airnya mengalir jernih melalui sungai yang membelah Desa Pantaran.

Pada hari Jumat pekan terakhir di bulan Sura selalu diadakan Ritual Buka Luwur di makam Syech Maulana Malik Ibrahim Maghribi atau Ki Ageng Pantaran di Desa Candisari Kecamatan Ampel Boyolali. Tradisi Buka Luwur ini sampai sekarang masih dilestarikan oleh warga sekitar makam. Sejak pagi hari warga sudah berbondong-bondong datang dengan sabar menanti rangkaian acara.

Bahkan ratusan warga telah datang ke makam yang berada disebelah barat Dukuh Pantaran itu, sejak malam sebelumnya. Mereka ada yang menginap di kompleks pemakaman Ki Ageng Pantaran tersebut. Mereka melakukan ziarah dan berdoa di makam Syeh Maulana Malik Ibrahim Maghribi. Ngalap berkah, agar keinginannya kesampaian.
 

Lokasi Wisata Religi

Komplek Makam ini berada di Dukuh Pantaran Desa Candisari Kec. Ampel Boyolali