Safari Ziarah dan Berdoa di Makam Syeikh Ahmad Badawi Brebes

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Safari Ziarah dan Berdoa di Makam Syeikh Ahmad Badawi Brebes

Lintas Sejarah

Syeikh Ahmad Badawi merupakan salah seorang ulama kharismatik yang dapat menaklukkan para penjajah Belanda yang menyerang wilayah Kecamatan Ketanggungan dan sekitarnya dengan cara-cara yang sangat halus.

Konon, secara lahiriyah yang kasat mata, Kyai Badawi terlihat sebagai sosok yang sangat bersahabat dengan penjajah-penjajah itu. Kediamannya yang kini terletak di sekitar Jl Panggung Ketanggungan hampir setiap hari didatangi penjajah. Kepada para tamunya itu, Kyai Badawi menghormati betul, memberi jamuan berupa aneka makanan dan minuman, serta sangat ramah terhadapnya.

Penjajah-penjajah itu ketika sudah menyantap makanan dari Kyai Badawi maka akan kalah dalam berperang. Pengelola masjid yang berada di depan tempat pemakaman Kyai Badawi, Ustadz Sayuti, menyampaikan bahwa karomah Kyai Badawi berbentuk isyarat yang tidak terlihat. Mungkin bagi orang awam sulit untuk mengenali perilaku Kyai Badawi pada masa hidupnya.

Ketika Belanda hendak menyerang daerah Ketanggungan bagian selatan (Kini menjadi Desa Buara, Desa Cikeusal, Desa Pamedaran dan sekitarnya), para penjajah yang berjumlah lebih dari 3 kompi mampir terlebih dahulu di kediaman Kyai Badawi. Seperti biasa, para penjajah itu disambut baik dan dijamu dengan beraneka macam makanan dan buah-buahan.

Di medan pertempuran, penjajah sebanyak 3 kompi itu tidak ada satu pun yang jasadnya kembali dalam keadaan masih hidup. Semuanya tewas di medan pertempuran.


Lokasi Makam

Makam  Syeikh Ahmad Badawi terletak di Pesarean I, Dukuhtengah, Dukuh Tengah, Kec. Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Makam Mbah Ahmad Badawi selalu ramai dikunjungi peziarah dari Kota Brebes maupun luar Kota Brebes, seperti Tegal, Cirebon dan Indramayu. Biasanya para paziarah datang pada malam jum’at kliwon.