Ziarah di Makam Mbah Priok, Wali Keramat dari Jakarta

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Mbah Priok, Wali Keramat dari Jakarta

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) beliau adalah ulama besar yang menyiarkan agama Islam di wilayah Jakarta.

Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) lahir di Palembang. Namun Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) adalah keturunan Arab yang berasal dari Hadramaut Yaman yang terletak di pantai selatan semenanjung Arab.

Antara Palembang dan Hadramaut memang ada latar belakang sejarahnya. Menurut penelitian Van den Berg, sebelum abad ke-19, masuknya orang-orang Hadramaut sebagian besar melalui Aceh sebagai pintu pertama, namun akhirnya lebih memilih menetap di pelabuhan berikutnya, yaitu Palembang.

Ahli waris beliau mempercayai bahwa makam tersebut merupakan paku bumi yang keberadaanya dijaga oleh Allah SWT dan malaikat. Hingga saat ini makam Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) tidak pernah sepi dari peziarah. banyak pengunjung yang datang ke makam beliau untuk ngalap barokah berkat karomah kewalian Mbah Priuk.

 

Profil

Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) lahir di di Ulu, Palembang, Sumatera selatan, pada tahun 1291 H / 1870 M. Semasa kecil beliau mengaji kepada kakek dan ayahnya di Palembang. Saat remaja, beliau mengembara selama babarapa tahun ke Hadramaut, Yaman, untuk belajar agama, sekaligus menelusuri jejak leluhurnya, Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad, Shohib Ratib Haddad, yang hingga kini masih dibaca sebagian besar kaum muslimin Indonesia. Beliau menetap beberapa tahun lamanya, setelah itu kembali ke tempat kelahirannya, di Ulu, Palembang

Lokasi Makam

Makam Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) kawasan Koja, dekat dengan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Jl. Jampea No.6, RW.1, Koja, Tj. Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) menjadi salah satu makam yang ramai dikunjungi. Makam yang terletak di daerah Koja, Jakarta Utara ini memiliki dua bagian, depan dan belakang, dengan luas mencapai 3,4 hektar. Sarana di makam ini cukup lengkap, mulai dari kamar mandi/toilet, tempat ziarah yang luas dan bersih, tempat wudlu dan masjid yang dekat serta area parkir yang cukup luas.

 

Haul

Haul Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) diadakan setiap tahun sekali di Gubah Al Haddad. Haul beliau diperingati pada akhir bulan Shafar untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk).

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk) banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Jakarta saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek Pemakaman Gubah Al Haddad.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad (Mbah Priuk),  dimudahkan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam hajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah diJakarta di antaranya:
Kerak Telor, Putu Mayang, Kue Kembang Goyang, Roti Buaya, Telur Gabus Keju, Kue Semprong, Akar Kelapa, Tape Uli, Biji ketapang, Bir pletok, Dodol Betawi, Geplak.