Santri Rajin Shalat Berjamaah, Dapat Penghargaan di Momentum HSN 2019

 
Santri Rajin Shalat Berjamaah, Dapat Penghargaan di Momentum HSN 2019

LADUNI.ID, Sumenep - Pondok Pesantren (Ponpes) Istifadah, Desa Gingging, Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura, Jawa Timur, ikut merayakan pelaksanaan Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2019. 

Pelaksanaan HSN di pesantren itu, tentu sedikit berbeda dibandingkan pesantren lain. Sebab, di pesantren yang berdiri pada tahun 1950-an ini memggelar Duta Santri dalam bentuk Istifadah Award 2019. 

Salah satuPengasuh Pondok Pesantren Istifadah K. Ali Qorror Al Khas mengatakan, Istifadah Award bertujuan untuk memotivasi para santri agar ruh kesantrian mereka benar-benar terpatri dalam jiwa dan dalam perilaku yang nyata sehari. 

"Mereka yang layak jadi duta santri akan mendapat penghargaan Istfadah Award 2019. Istifadah Award merupakan pertama kami adakan. Sebelumnya belum pernah dilakukan," kata K. Ali Qorror Al Khas 

Menurutnya, Istifadah Award 2019 memiliki enam kategori penilaian individu dan satu kategori penilaian kelompok. Keenam kategori penilaian individu tersebut yaitu Santri Smart, Santri terrapi, santri berbakat, santri pengayom, Santri paling rajin shalat jamaah, santri tersopan, dan untuk kategori kelompok adalah kelas terbersih.

Ia menjelaskan, mereka yang mendapat penghargaan akan menjadi tokoh utama dalam menularkan akhlak keseantrian di pondok maupun di masyarakat. Pusat kegiatan Istifadah Award sengaja diletakkan di dalam Masjid. 

"Mengapa Dilentakkan di Masjid? karena ingin mengembalikan peran masjid sebagai pusat pendidikan keagamaan. Gejala sosial di masyarakat hari ini, penghuni masjid saat menjelang shalat berjamaah sudah banyak di dominasi kalangan tua," katanya. 

Menurutnya, dengan begitu dapat mendidik anak-anak muda, generasi Ahlussunnah Waljamaah agar kembali ke masjid. Gerakan kembali ke Masjid. Sehingga Masjid tidak dikuasi oleh kalangan Islam Trans Nasional yang menghilangkan tradisi keberagamaan dan gampang membid'ahkan kegiatan sosial keagamaan masyarakat Indonesia. 

"Makanya ada kategori santri paling rajin berjamaah," terangnya. 

Kegiatan Istifadah Award 2019, di Ponpes Istifadah nantinya akan menjadi agenda tahunan. Kegiatan tersebut mampu mendongkrak mentalitas santri sebagai benteng Aswaja dan NKRI. Sehingga Perayaan Hari Santri Nasional memiliki makna mendalam bagi kaum santri sendiri.

Untuk diketahui, peraih award dari masing-masing kategori, antara lain,  1)Santri Smart: Maftuhah Nurmalika Febriyanti 2. Santri Terrapi: Ahmad Maulidi. 3. Santri Berbakat: Moh. Hasan, sementara kategori Santri Pengayom no 4 : Ilham Maulana, 5. Santri Tersopan: Noer Hidayati
6. Santri Paling Rajin Shalat Jamaah: Ahmad Nasihin dan 7. Kelas terbersih: Kelas X MA Istifadah. (*)