Lintas Ziarah dan Bertawassul di Makam KH Badawi Umar Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Lintas Ziarah dan Bertawassul di Makam KH Badawi Umar Malang

Sekilas Biografi

Kiai Badawi dikenal sosok teladan dalam sabar, istiqomah, dan sangat sederhana, baik di mata keluarga dan para santri. Beliau adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al Islahiyah Singosari Malang, juga memberikan contoh tentang sifat sederhana dan tidak muluk-muluk, beliau tidak merasa gengsi untuk menarik gerobak sampah atau menggunakan sepeda pancal, meskipun sebagai pengasuh dan guru.

Beliau pernah nyantri di Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan Surakarta tahun 1974-1976. Di pesantren ini Kiai Baidlawi tak cuma belajar ilmu tapi juga mengasah keterampilannya dalam beroganisasi. Bakan di pesantren tersebut, Kiai Baidlawi pernah menjadi bendahara pondok pesantren. Karena itu, tidak heran jika santri dan putra-putrinya tidak sedikit yang menjadi aktifis, baik di lingkungan Nahdlatul Ulama maupun dalam kegiatan sosial lainnya.

Selain nyantri di Pondok Pesantren Mangkuyudan Surakarta, Kiai Baidlawi juga tidak mengabaikan pendidikan formal. Putra KH Ibnu Umar (Klaten) ini menempuh S1 di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qu’an (PTIQ) Jakarta hingga lulus. Di perguruan tinggi tersebut, ia pernah satu kelas dengan KH Noer Muhammad Iskandar SQ, Pengasuh As-Shiddiqiyah Jakarta.
 

Lokasi Makam KH Badawi Umar
 

Makam KH Badawi Umar berada di komplek pemakaman Bungkuk, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang Jawa Timur.