Alasan Mengapa Anda Harus ke Sumenep

 
Alasan Mengapa Anda Harus ke Sumenep

Topeng Dalang saat Tampil di Peluncuran Rangkaian Kegiatan Visit Sumenep 2020 / istimewa


LADUNI.id, SUMENEP - Sumenep adalah salah satu kabupaten dari empat kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur. Kabupaten Sumenep sendiri terletak di ujung timur Pulau Madura.

Untuk tiba di Sumenep, selepas dari Surabaya dengan melintasi jembatan Suramadu, harus melintasi tiga kabupaten terlebih dahulu, yakni Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Pamekasan. Setelah itu, baru tiba di kabupaten berlambang kuda terbang.

Tentu menjadi pertanyaan, kenapa harus jauh-jauh ke Sumenep, padahal dari Surabaya harus menempuh perjalanan darat sekitar empat jam. Bukankah itu melelahkan?

Tentu tidak, ada banyak alasan mengapa harus berkunjung ke Sumenep. Salah satunya adalah karena tempat dan destinasi wisatanya. Mualai dari wisata alam, religi, hingga wisata kuliner yang begitu menggairahkan untuk dikunjungi. Selain itu, sejumlah kebudayaan Sumenep juga sangat menarik untuk dinikmati.

Sebut saja destinasi wisata Pantai Lombang, pantai dengan nuansa cemara udangnya yang ada di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang. Pantai Slopeng di Kecamatan Dasuk.

Selain itu, Pulau Gili Iyang yang memiliki kualitas oksigen terbaik nomor dua di dunia. Masih ada Pulau Gili Labak yang indah alam dan hamparan karang di pantainya. Serta Pantai Sembilan di Pulau Giligenting yang hamparan pasir putihnya sungguh indah.

Selain wisata alam, ada pula keraton Sumenep. Pendopo Agung yang masih berdiri kokoh, masih terawat dan penuh sejarah. Masjid Jamik, yang memliki arsitektur khas nan indah.

Wisata religi, ada Asta Tinggi, makam para daja dan kerabatnya. Letaknya tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Desa Kebunagung, Kecamatan Batuan. Asta Sayyid Yusuf di Pulau Talango.

Selain itu, juga bisa menikmati kebudayaan khas Sumenep san Madura, semisal topeng, ketoprak, hingga kerapan sapi. Tak kalah menggairahkan, di Sumenep juga bisa menikmati Kaldu Kokot sebagai wisata kuliner. Serta berbagai hal lain yang bisa dinikmati.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Sumenep senantiasa menggelar event bertajuk Visit Sumenep. Tahun lalu, sejumlah tempat wisata, dan kebudayaan bisa dinikmati di Sumenep.

Bayangkan, untuk peluncuran kalender rangkaian kegiatan Visit Sumenep 2020 saja kemarin, Sabtu (15/12) malam, puluhan pagelaran budaya sudah bisa dinikmati masyarakat. Mulai dari galundang ojung, sandur, topeng dalang, tari pak-kopak, karawitan, saronen, cahe, hadrah, musik tong-tong, jaran serek, pangantan legung hingga tari pojhi ledek

Anda ingin menikmati itu semua di dunia nyata, yuk hadir ke Sumenep......