Konsultasi Psikologi: Aku Lemah Tanpa Pacar

 
Konsultasi Psikologi: Aku Lemah Tanpa Pacar

Assalamu’alaikum wr wb

Selamat pagi, Pak…saya mahasiswa semester 1 (angkatan 2019). Tapi sebenarnya saya angkatan2018. Cuma saya nganggur setahun. Sebenarnya saya ga ngapa-ngapain sih pas itu. Cuma pengin istirahat aja, selain karena males aja sebenarnya…hehehe…Oh iya, Pak…saya orangnya suka malesan, terutama kalau saya lagi ga punya pacar. Saya ngerasa kalau lagi jomblo, saya males ngapa-ngapain. Males kuliah, males ibadah, males maen, pokoknya males lah. Dari dulu saya emang sering banget pacaran. Kalau ga salah saya sejak SD sudah pacaran. Mantan pacar saja udah banyak banget lah. Dan saya pacaran ga pernah lama banget gitu . Paling 1 tahun atau 2 tahun, putus entar ganti lagi. Saya sih selama pacaran itu jarang ada yang serius, yah cuma buat main-main aja. Menurut Bapak, apa yang saya lakuin, salah ga Pak? Oh iya, sekarang saya lagi jomblo dan saya susah buat ngedeketin cewek. Padahal saya dulu gampang banget kalau mau nyari pacar. Saya jadi mikir, apa saya kena karma ya? Makasih ya Pak buat jawabannya.

Wassalamu’aalaikum wr wb

Al (20 tahun)

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudara Al yang berbahagia, terima kasih sudah berbagi kisah dengan kita. Sebuah hubungan percintaan memang biasanya merupakan hal yang wajar terjadi di masa-masa remaja. Kalaupun ada yang menjalin pacaran sejak SD seperti Anda, biasanya itu hanya merupakan cinta monyet. Permasalahan yang Anda hadapi adalah terlalu sering berganti-ganti pacar dan Anda tidak menganggap proses pacaran itu sebagai sebuah hubungan yang serius. Anda tadi menyebutkan bahwa Anda hanya main-main saja ketika pacaran. Ditambah lagi Anda cepat sekali berganti-ganti pacar dan Anda merasa pacar adalah segalanya, sehingga Anda menjadi bergantung kepada pacar Anda. Dalam jangka pendek, mungkin apa yang Anda lakukan tidak terlalu bedampak pada diri Anda, namun dalam jangka panjang, jika dibiarkan, akan bisa berdampak kelak dalam kehidupan perkawinan Anda.

Cinta itu dibangun dari 3 unsur yaitu intimasi (kelekatan), hasrat dan komitmen. Mungkin dua unsur yang pertama tidak terlalu bermasalah bagi Anda, namun unsur ketiga yaitu komitmen ini yang tampaknya bermasalah. Anda perlu berlatih untuk membangun komitmen dalam sebuah hubungan percintaan. Karena hal ini menjadi modal penting kelak ketika Anda menikah. Komitmen juga memunculkan sikap tanggung jawab. Satu hal yang sangat penting juga dalam sebuah pernikahan. Dengan komitmen, Anda akan mendapat banyak manfaat dalam membangun sebuah pernikahan, kelak.

Nah, sekarang di mana Anda sedang tidak memiliki pacar, saatnya Anda untuk introspeksi dan meyakinkan diri Anda bahwa tanpa pacar Anda juga bisa mandiri. Buktinya Anda sekarang tetap bisa kuliah, walaupun Anda sedang jomblo. Jadilah diri sendiri dan jangan biarkan diri kita bergantung kepada orang lain.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi, S.Psi
(Dosen Universitas Gunadarma – Instagram @fakhrurrozi)