Mengenang Almarhum KH Johari, Pakar Ushul Fikih Tebuireng

 
Mengenang Almarhum KH Johari, Pakar Ushul Fikih Tebuireng

LADUNI.ID, Jombang - Salah satu senior dan Pakar Ushul Fikih Tebuireng, KH. Johari telah meninggal dunia pada Senin (27/1) di RSUD Jombang. Innalillahi wa innailaihi rajiun. Keluarga Besar Pesantren Tebuireng berduka.

KH. Johari adalah guru senior yang memiliki spesialisasi di bidang fikih, ushul fikih, mantik, gramatika Arab, dan hadis. Kiai Johari meninggal dalam usia 56 tahun. Beliau meninggalkan istri dan tiga orang anak.

“Beliau memiliki 3 orang anak. Meninggal barusan 11.45 (sekitar),” ungkap salah satu santri beliau, Darmadi, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman resmi Pesantren Tebuireng Jombang.

KH. Johari menghembuskan nafas terakhir di kamar 10 Paviliun Waluyo pada pukul 11.45 WIB. Kiai Johari divonis mengidap kangker hati atau liver dan seminggu dirawat di RSUD Jombang.

Beliau merupakan murid dari kiai-kiai sepuh Tebuireng yang sanadnya langsung kepada Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, seperti KH Idris Kamali, KH. Sansuri Badawi dan lain-lain.

Beliau hingga sekarang masih aktif mengajar di Pascasarjana Universitasnya Hasyim Asy’ari (Unhasy), Madrasah Muallimin Hasyim Asy’ari, Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah, dan mengasuh beberapa kajian keilmuan.

Terbaru beliau menulis buku “Fikih Gus Dur” diterbitkan oleh Pustaka Tebuireng.

Jenazah dimandikan di RSUD dan akan dishalatkan di Masjid Pesantren Tebuireng, sebelum nanti akan dimakamkan di Pemakaman Islam Desa Sumoyono, Cukir, Diwek Jombang.

“Beliau dimandikan di RSUD dan akan dishalatkan di masjid Tebuireng lalu dimakamkan di Sumoyono,” ungkap Mudir Pembinaan Pondok Tebuireng, H. Lukman Hakim.

Alfatihah…