Demi Tunaikan Umrah, Pria Spanyol Ini Rela Jalan Kaki 9 Ribu Kilometer

 
Demi Tunaikan Umrah, Pria Spanyol Ini Rela Jalan Kaki 9 Ribu Kilometer

LADUNI.ID, Jakarta - Untuk menunaikan ibadah umrah, seorang muslim asal Spanyol bernama Ishaq rela berjalan kaki dengan menaklukan daratan Eropa sejauh 9 ribu kilometer. Ishaq berangkat dari Paris—Prancis—lima setengah bulan yang lalu.

Hal ini seperti dilansir dari Al Rai (sebuah surat kabar Kuwait) sebagaimana dikutip inspiradata.com, Ishaq berjalan kaki dari Prancis ke Mekkah dengan hanya membawa uang sebesar 5 ribu euro.

Hal itu berarti bahwa Ishaq sangat berhemat, dan menggunakan uangnya hanya 10 euro setiap harinya. Tak hanya itu, Ishaq juga menolak uang pemberian orang-orang yang ia temui dalam perjalannya.

Cuaca serta kondisi alam yang cenderung keras, berkali-kali membuat Ishaq menemui kesulitan. Bahkan dalam satu waktu, ia mengalami mati rasa pada tangan serta kakinya karena kedinginan.

Ishaq bukanlah orang pertama yang melakukan perjalanan ke tanah suci dengan berjalan kaki. Pada 2012 lalu, seorang pria asal Bosnia tiba di tanah suci untuk tunaikan haji setelah berjalan sejauh berjalan 5.700 kilometer.

Pada tahun 2016 lalu, seorang Muslim Cina dan Muslim Rusia juga melakukan perjalanan haji menggunakan sepeda. Subhanallah. Semoga bernilai ibadah.