Kisah KH Muhammad Masthuro Bangun Pesantren Sejak Usia 19 Tahun

 
Kisah KH Muhammad Masthuro Bangun Pesantren Sejak Usia 19 Tahun

LADUNI.ID, Jakarta - KH Muhammad Masthuro (1901-1968) di usianya yang 19 tahun sudah mendirikan Pesantren Sirojul Athfal yang kini menjadi Pesantren Al-Masthuriyah yang terletak di Cisaat Kabupaten Sukabumi Jabar. Pesantren dengan layanan pendidikan mulai RA hingga perguruan tinggi ini kini sudah berusia satu abadi (1920-2020). Puncak peringatan satu abadnya diselenggarakan  19 Maret 2020.

Mengajak masyarakat dilakukan beliau dengan cara-cara humanis. Masyarakat yang suka mancing, diajaknya mancing. Pas waktu shalat beliau ajak shalat.

Yang uniknya, beliau pasti memberi bekal kepada isteri yang suaminya diajaknya mancing. Mancing waktu itu hanya kesenangan masyarakat bukan mata pencaharian. Supaya kesenangan tidak melupakan kewajiban, beliau mewakili menjadi penanggung jawabnya.

Haol beliau selalu dilaksanakan pada hari Sabtu yang dekat dekat 27 Rajab, hari wafatnya. Tahun 2020 jatuhnya pada Sabtu 21 Maret 2020 mulai pukul 07.00.

Anda semua bisa hadir, bisa meneladani beliau dalam kesungguhannya memperhatikan dan melindungi masyarakat, juga kepada isterinya Hj. Siti Hafsoh binti H. Muhammad Nafi yang ada di sampingnya.

(Abu Bakar Sidik)