Mengenang Almaghfurlah KH. Tamam Kamali Ponpes Babakan Ciwaringin

 
Mengenang Almaghfurlah KH. Tamam Kamali Ponpes Babakan Ciwaringin

LADUNI.ID, Jakarta - Berita duka kembali menyebar dini hari Kamis 12 Maret 2020. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. KH. Tamam Kamali pengasuh Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon berpulang ke Rahmatullah. Kepergian tokoh alim dan bersahaja ini telah menambah daftar masyayikh yang telah mendahului kita. Allahummaghfirlahum warhamhum wa afihim wafu 'anhum. Insya Allah mereka mendapat tempat di surga-Nya.

KH. Tamam Kamali dikenal istiqamah mengajari para santri qiraat al-Qur'an. Bagi kalangan santri dan alumni pesantren Babakan, sosok KH. Tamam Kamali dikenal sabar dan lembut dalam membimbing bacaan al-Qur'an. Kesetiaannya dengan pola belajar Kempekan telah membekali para santri dengan kemampuan makharijul huruf, shifatul huruf, dan hukum-hukum tajwid yang menonjol dalam setiap membaca al-Qur'an. Walaupun belakangan langgam baru baca al-Qur'an juga berkembang, tradisi belajar al-Qur'an ala Kempekan masih cukup dominan berkembang di pesantren Babakan berkat kepeloporan KH. Tamam Kamali. Silsilah keilmuan KH. Tamam Kamali dalam qiraat al-Quran bersambung dengam para masyayikh al-Quran di wilayah nusantara.

Kesungguhan KH. Tamam Kamali dalam mengajarkan al-Qur'an juga duwujudkan dengan pendirian Madrasah al-Quran al-Hikamus Salafiyyah (MQHS) dan Pesantren al-Kamali. Hidmat KH. Tamam Kamali dalam pembelajaran al-Qur'an tak pelak telah melahirkan bayak murid yang dalam perkembangannya kemudian juga berhidmat dalam al-Quran. Mereka menghidupi masjid, tajug, dan majelis taklim dengan bacaan al-Qur'an. Sebagaimana layaknya Kyai yang berilmu, KH. Tamam Kamali juga piawai mengajarkan berbagai ilmu berbasis kitab kuning. Bahkan KH. Tamam Kamali dengan kewiraiannya konsisten dalam mengajarkan ilmu-ilmu hikmah.

Untuk menjaga kesinambungan hidmatnya, KH. Tamam Kamali sudah menyiapkan para penerusnya baik dari lingkungan keluarga inti maupun keluarga besar. KH. Tamam Kamali adalah pesona indah yang akan terus dikenang karena kelembutannya dalam mengajarkan al-Quran dan ilmu-ilmu agama lainnya. Allahumma nawwir qubrahu bi nuril qur'an.  Wallahu a'lam bish-shawab. Abu Romul.