Pesantren PMH Al-Kautsar Pati

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.2
Tahfidz1 Laboratorium8
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren PMH Al-Kautsar Pati

Profil 

Pesantren Mathali’ul Huda (PMH) Al Kautsar Putra-Putri yang berpusat di desa Kajen, kecamatan Margoyoso, kabupaten Pati, terletak 18 km sebelah utara kota Pati, + 500 m sebelah barat komplek makam Waliyullah Syaikh Ahmad Mutamakkin dan bangunan pondok terletak yang bersebelahan atau di sekeliling dengan makam Hadlrotusy Syaikh KH. Abdullah Zein bin Abdussalam bin Abdullah, Istri beliau Mbah Aisyah dan putra beliau KH. Ahmad Nafi’ Abdillah.

Berangkat dari wasiat keilmuan sang ayahanda Hadlrotusy Syaikh KH. Abdullah Zain Salam bahwa “ilmu harus terus diamalkan dan disebarkan”, KH. Ahmad Zacky Fuad Abdillah mulai merintis pesantren sendiri sekitar tahun 1997 dimulai dengan menerima beberapa pesantren putri untuk tinggal di kediaman beliau. Ketika peletakan batu pertama pembangunan pesantren, KH. Abdullah berpesan bahwa tanah ini dulunya adalah tempat Mbah Abdullah Sepuh, artinya adalah salah satu pusat rintisan keilmuan di Kajen. Lambat laun jumlah santri semakin banyak sehingga akhirnya diresmikan menjadi sebuah pesantren dengan nama Mathaliul Huda Al-Kautsar yang disingkat PMH Alkautsar.

Mathali’ul Huda diambil dari nama pesantren ayahanda beliau yang artinya sumber-sumber munculnya petunjuk. Alkautsar adalah kata tambahan untuk membedakan bahwa pesantren ini adalah turunan atau kelanjutan dari pesantren yang dirintis KH. Abdullah Zain Salam. Alkautsar artinya kebaikan yang melimpah ruah di dunia da akhirat, atau juga sebutan untuk salah satu sungai yang ada di dalam sorga.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.