Lawan COVID-19, Saring Sebelum Share

 
Lawan COVID-19, Saring Sebelum Share

LADUNI.ID, Jakarta - Wabah COVID-19 telah menyebar di negara Indonesia dan dapat dikatakan merata penyeberannya diseluruh daerah di Indonesia. Desas desusnya pun beredar dimana-dimana dengan cepat, mulai dari masyarakat kota sampai dengan masyakat desa, sekalipun masih ada beberapa orang yang bahkan tidak tahu apapun tentang covid-19 ini.

Cepatnya penyebaran ini akibat dari media informasi yang semakin berkembang yang memudahkan komunikasi, tidak kenal jarak lagi.
Dampaknya dapat bersifat positif maupun negatif, selain daripada kekhwatiran yang berlebihan pada masyarakat karena sampai pada dunia maya mereka merasa terteror oleh wabah penyakit tersebut.

Dampak positifnya, membantu pemerintah dalam mensosialisasikan bahaya dari penyakit tersebut, karena dalam persoalan seperti ini harus ada relasi yang baik antara masyarakat dan juga pemerintah.

Upaya pencegahan dan penanggulangan dari penyakit itupun dapat dengan mudah diakses.

Terlepas daripada itu, yang perlu kita pahami dalam gerakan melawan covid-19 adalah pemilahan terhadap informasi yang beredar.

Dilansir dari Kompas pada 23 Maret 2020, Kementrian Kominfo telah menemukan 305 laporan Hoax terkait dengan virus Corona.
Angka tersebut sangatlah tinggi dan mungkin akan terus bertambah. Persoalan ini harus secepatnya diatasi oleh pemerintah khususnya Kemenkinfo.

Namun, masyarakat juga harus berperan aktif dalam pencegahan penyebaran hoax terkait virus Covid19 tersebut. Masyarakat selaku pengguna media informasi harus lebih selektif dalam menerima dan menyebarkan informasi terkait virus Corona19.

Perlunya klarifikasi terhadap informasi yang diterima sebelum menyebarkan kepada orang lain, tidak mengklarifikasi informasi lalu menyebarkan merupakan salah satu penyebab banyaknya Hoax yang beredar.

Menyaring sebelum share adalah salah satu metode pencegahan penyebaran hoax terkait isu covid19.

Pertama dengan menyaring dan menemukan hoax, kita dapat menasehati dan memperingatkan orang yang telah mengirimkan pesan tersebut.

Kedua, menambah wawasan terkait Covid19, dan dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat lainnya.

Penyakit covid19 sangat merugikan, untuk itu perlawanannya juga harus kuat, salah satunya lewat pencegahan hoax terkait covid19.
Covid19 dapat diberantas dengan penanganan yang tepat, informasi tepat tentu membantu pencegahan penyebarannya, untuk itu perlu melakukan klarifikasi sebelum menyebarkan informasi tersebut.

Melawan Hoax covid19 berarti melawan penyebaran Covid19.

Rahmat
(Kader PMII Makassar/ Mahasiswa UINAM)