Doa Meminta Ganti Kepada Allah

 
Doa Meminta Ganti Kepada Allah

LADUNI.ID, Jakarta -  Adakah tuntunan berdoa meminta ganti kepada Allah atas musibah yang terjadi? Betul, ada. Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadis dari Sahabat perempuan bernama Ummu Salamah. Bahwa beliau mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

" ﻣَﺎ ﻣِﻦْ ﻋَﺒْﺪٍ ﺗُﺼِﻴﺒُﻪُ ﻣُﺼِﻴﺒَﺔٌ، ﻓَﻴَﻘُﻮﻝُ: ﺇِﻧَّﺎ ﻟِﻠَّﻪِ ﻭَﺇِﻧَّﺎ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺭَاﺟِﻌُﻮﻥَ اﻟﻠﻬُﻢَّ ﺃْﺟُﺮْﻧِﻲ ﻓِﻲ ﻣﺼﻴﺒﺘﻲ، ﻭَﺃَﺧْﻠِﻒْ ﻟِﻲ ﺧَﻴْﺮًا ﻣِﻨْﻬَﺎ، ﺇِﻻَّ ﺃَﺟَﺮَﻩُ اﻟﻠﻪُ ﻓِﻲ ﻣُﺼِﻴﺒَﺘِﻪِ، ﻭَﺃَﺧْﻠَﻒَ ﻟَﻪُ ﺧَﻴْﺮًا ﻣِﻨْﻬَﺎ "

"Tidak ada seorang hamba yang tertimpa musibah kemudian dia berdoa: "Kami adalah milik Allah dan kepada Allah kami kembali. Ya Allah berilah pahala atas musibah saya dan berilah ganti yang lebih baik daripada musibah ini", kecuali Allah akan memberi pahala dalam musibahnya dan memberi ganti yang lebih baik daripada musibah tersebut"

Ummu Salamah menceritakan bahwa ketika suaminya wafat beliau membaca doa tersebut. Kemudian beliau dinikah oleh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Dan Nabi menjadi pengganti yang lebih baik (HR Muslim)

Dulu saat saya berstatus mondok di Ploso, saya sering mendengar Kyai Zainuddin Jazuli berdoa dengan doa Sahabat Ibnu Abbas:

ﻋَﻦْ ﺳَﻌِﻴﺪِ ﺑْﻦِ ﺟُﺒَﻴْﺮٍ، ﻗَﺎﻝَ: ﻛَﺎﻥَ ﻣِﻦْ ﺩُﻋَﺎءِ اﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ اﻟَّﺬِﻱ ﻻَ ﻳَﺪَﻉُ ﺑَﻴْﻦَ اﻟﺮُّﻛْﻦِ، ﻭَاﻟْﻤَﻘَﺎﻡِ ﺃَﻥْ ﻳَﻘُﻮﻝَ: «اﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻗَﻨِّﻌْﻨِﻲ ﺑِﻤَﺎ ﺭَﺯَﻗْﺘﻨِﻲ، ﻭَاﺧْﻠُﻒْ ﻟِﻲ ﻓِﻴﻪِ، ﻭَاﺧْﻠُﻒْ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻏﺎﺋﺒﺔ ﻟِﻲ ﺑِﺨَﻴْﺮٍ»

Sa'id bin Jubair berkata bahwa diantara doa yang dibaca oleh Ibnu Abbas di antara Rukun Yamani dan Maqam Ibrahim (dekat Ka'bah) adalah: "Ya Allah berilah kecukupan kepadaku dengan rezeki pemberian-Mu, berilah ganti untukku dalam rezeki itu. Dan berilah ganti kepadaku atas setiap (nikmat) yang hilang dariku dengan ganti yang lebih baik" (Riwayat Mushannaf Abd Razzaq, juga terdapat dalam Al Mustadrak Al Hakim dan dikutip oleh Imam Ghazali dalam kitab Ihya')

Oleh: Ustadz Ma'ruf Khozin

_______________________________________________________________-
Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari