Antisipasi Covid-19, Madrasah Ma’arif NU di Banyumas Ini Gelar Ujian Online

 
Antisipasi Covid-19, Madrasah Ma’arif NU di Banyumas Ini Gelar Ujian Online

LADUNI.ID, Banyumas - Berlakunya kebijakan untuk membatasi kegiatan sosial yang bersinggungan secara fisik, membuat Madrasah Tsanawiyah (MTs) Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar ujian madrasah berbasis komputer (UMBK).

Ujian tersebut dilaksanakan secara daring mengingat penyebaran Covid-19 yang makin meluas. Menurut Sekretaris Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Mujiburrohman menyampaikan MTs Maarif NU telah menggelar UMBK secara online. Teknis ujian diserahkan kepada madrasah untuk secara mandiri melakukan pengaturan penjadwalan.

“Seluruh MTs Ma’arif NU seratus persen menyelenggarakan ujian madrasah online. Dimulai sejak awal April sampai dua minggu ke depan disesuaikan dengan situasi dan kondisi madrasah” terang Mujiburrohman, Senin (6/4 ) kemarin

Sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman g-news.id, ujian daring tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19 sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor B-686.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2020 tanggal 24 Maret 2020 perihal Mekanisme Pembelajaran dan Penilaian Madrasah dalam Masa Darurat Pencegahan Penyebaran Covid-19 Point 4.d bahwa penilaian dilakukan secara online.

Selain daripada itu, Mujiburrohman juga menyampaikan bahwa kesiapan operator (proktor) ujian dalam menyiapkan aplikasi akan sangat menentukan kesuksesan UMBK online. Memastikan sarana komputer, instalasi dan jaringan yang siap digunakan saat ujian.

“Madrasah telah membuat aturan teknis yang diberlakukan kepada peserta didik dengan perangkat aplikasi soal yang telah disiapkan. Sehingga perlu kesiapan matang agar dari 13 mata pelajaran ditambah 3 muatan lokal dapat terakomodasi melalui paket soal dalam aplikasi ujian,” pungkas Mujiburrohman.