Doa Ini Penting Dibaca Sebelum Memberi Shadaqah, Begini Alasannya

 
Doa Ini Penting Dibaca Sebelum Memberi Shadaqah, Begini Alasannya

LADUNI.ID, Jakarta - Dulu waktu saya mondok di PP. Langitan, Tuban, saya ingat betul dawuh Syaichona Romo Yai Abdullah Faqih allohummah ighfir lahu, beliau dawuh: "الصدقة تدفع البلاء" (Shodaqoh itu bisa menolak bala'/musibah/ hal-hal yang membahayakan diri kita).

Kemudian beliau bercerita, dulu pada zaman Nabi Sulaiman, ada seorang yang kasabnya/usahanya Adalah mengambil telur burung yang ada di hutan, setelah itu dijual ke pasar, dan hasilnya dibuat untuk nafkah keluarganya.

Satu waktu, ada salah satu burung yang melaporkan atau curhat kepada Nabi Sulaiman, dia minta kebijakan kepada Nabi dan meminta perlindungan. Diutuslah bangsa jin untuk menjaga sarang burung itu, tentu atas perintah sang Nabi.

Pada saat waktu nya tiba, seorang laki-laki yang dimaksud datang dan mulai memanjat pohon untuk mengambil telur burung itu, tapi tidak terjadi apa-apa.

Kemudian, burung tersebut melaporkan lagi kepada Nabi Sulaiman kenapa orang tersebut masih bisa mengambil telur, Nabi Sulaiman heran dan memanggil jin yang disuruh menjaga sarang burung tersebut, namun jinnya berkata:

“Saya sudah berusaha menghalangi orang tersebut, bahkan saya sudah mau mendorong dan menjatuhkan orang itu dari pohon, wahai Nabi Sulaiman, tapi malah saya yang dilempar oleh malaikat dan saya yang terjatuh,” katanya jin.

Akhirnya Nabi Sulaiman memanggil orang itu dan ditanya, apa yang dilakukannya sebelum mengambil telur, adakah wiridan atau doa-doa sebelum masuk ke dalam hutan, atau apa?

Lelaki itu menjawab: “Wahai Nabi Sulaiman, saya tidak punya wiridan atau doa-doa khusus, hanya saja tadi waktu di dalam hutan, ada orang kelaparan, dia meminta bantuan saya, kemudian saya mengambil roti kering yang menjadi bekal saya, kemudian saya membagi dua bagian, satu untuknya dan satu lagi untuk bekal saya.”

Saya ingat betul cerita di atas, bahkan Syaichona Romo Yai Abdulloh Faqih allohummah ighfir lahu dawuh: “anak-anakku kabeh (semua, maksudnya para santri), ketika hendak memberikan shadaqah kepada orang lain, bacalah doa ini:

"اللهم إشتريت سلامتي بهذه الصدقة".

"Allahummah isytaroitu salaamati bihadzihi shodaqoh."

Sobat, sisihkan lah rizkimu yang lebih kepada mereka yang memang betul-betul membutuhkannya, apalagi mereka untuk menafkahi keluarga, anak dan istrinya. Kita semua adalah saudara agama, saudara sebangsa dan setanah air, tidak usah takut kurangnya rizkimu di saat kalian membantu orang yang membutuhkan pertolonganmu, karena sesungguhnya harta kalian ada hak mereka orang-orang yang membutuhkan, yakin lah firman Allah:

وما من دآبة إلا على الله رزقها.. الأية.

Ya Rabb, jadikan lah tulisanku ini bermanfaat dan menjadi amal jariyahku. Li Syaichona Romo Yai Abdulloh Faqih allohummah ighfir lahual faatehah.

(Fathur Rozi Zubair)