Biografi KH. Maulana Kamal Yusuf

 
Biografi KH. Maulana Kamal Yusuf
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mengasuh Majelis Taklim

3          Karier dan Organisasi
3.1       Karier Beliau
3.2       Riwayat Organisasi   

4          Pesan Beliau

5          Referensi

6          Chart Silsilah Sanad

1          Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

KH. Maulana Kamal Yusuf lahir pada 25 April 1949 di Paseban Timur, Jakarta Pusat. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Muhammad Yusuf bin Adlin (seorang qori yang sering tampil di RRI Jakarta dan Istana Merdeka pada masa pemerintahan Presiden Soekarno) dengan Hj. Siti Rohmah  (putri KH. Thabbrani, seorang ulama terkenal pada masanya, atau yang dikenal dengan nama Muallimin Thabbrani Paseban).

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Masa Menuntut Ilmu

KH. Maulana Kamal Yusuf, menempuh pendidikan dasar di Sekolah Rakyat. Kemudian beliau melanjutkannya pendidikannya pada tahun 1962, dengan belajar di Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur. Ketika belajar di Gontor,  beliau tidak sampai menyelesaikannya karena memilih kembali ke Jakarta tahun 1965. Waktu itu orangtuanya khawatir setelah peristiwa 1965.

Sekembalinya ke Jakarta beliau menamatkan pendidikan SMA, beliau menempuh pendidikan D3 Jurusan Usluhuddin di Universitas Ibnu Khaldun Jakarta yang saat ini tempatnya beralih menjadi Plaza Atrium, Senen.

KH. Maulana Kamal Yusuf adalah sosok ulama yang tidak pernah berhenti belajar. Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta periode 2011-2016 ini pernah menjadi santri dari Syekh KH. Muhadjirin Amsar Ad-Darry, seorang ulama Betawi ahli Falak, pendiri dan pimpinan Pondok Pesantren An-Nida Al-Islam, Bekasi.

2.2       Guru-Guru Beliau

  1. KH. Muhammad Yusuf bin Adlin 
  2. KH. Thabbrani
  3. Syekh KH. Muhadjirin Amsar Ad-Darry

2.3       Mengasuh Majelis Taklim

Selain sibuk menjadi Rais Syuriah PW NU DKI Jakarta, ia juga mengasuh pengajian di Masjid Jami An-Nur, Paseban. Embrio pengajian ini telah lahir sejak tahun 1930an. Awalnya dirintis oleh Muallim Thabrani Paseban. Menurut KH Yusuf Aman, pada era ini, paseban pernah berjaya menjadi pusat pendidikan Islam di Jakarta. Setelah Muallim Thabbrani Paseban Wafat, KH Maulana Kamal Yusuf Kemudian meneruskan pengajian tersebut sejak akhir tahun 1970an. Puluhan kitab peninggalan para ulama terdahulu dikaji di majelis ini.

3          Organisasi dan Karier

3.1       Karier Beliau

Menjadi Pengasuh Majelis Taklim Masjid Jami An-Nur, Paseban

3.2       Riwayat Organisasi

  1. Rais Syuriah PW NU DKI Jakarta
  2. A'wan PBNU
     

4      Pesan Beliau

Kepada anak muda NU, ia mengharapkan agar tetap menjaga ajaran NU seperti yang dicetuskan oleh pendirinya yaitu KH. Hasyim Asy’ari. Oleh karena itu dalam ta’lim yang beliau sampaikan terutama di hadapan generasi muda, beliau mengupas ajaran Aswaja dengan cara yang mudah diterima dengan mendasarkan diri pada kitab-kitab karya ulama klasik.

5     Referensi

https://pppjakarta.id/kh-maulana-kamal-yusuf/

6.    Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Maulana Kamal Yusuf dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 29 November 2021, dan terakhir diedit tanggal 02 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya