Pesantren Daarul Mu'minin Wajo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Daarul Mu'minin Wajo

PROFIL

Pondok Pesantren Daarul Muminin Doping Kab. Wajo merupakan salah satu Cabang Pondok Pesantren As’adiyah Pusat Sengkang, pada awalnya pesantren ini  hanya membina Tingkatan Madrasah Diniyah Awaliyah As’adiyah (MDA), yang dibina langsung oleh KM. H. Agustan Ranreng, S.Ag bersama dengan Istrinya

Adapun motivasi pendirian Pesantren tersebut merupakan cita-cita mulia dan luhur yang didasarkan pada tanggung jawab secara keilmuan setelah melihat realitas masyarakat yang masih awamnya ilmu pengetahuan agama di sekitaran Kec Penrang, dimana  perilaku kehidupan masyarakat cenderung  berperilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam seperti melakukan perbuatan syirik, mabuk-mabukan, perilaku kekerasan sesamanya

Dalam merintis pesantren ini tidak sedikit rintangan dan cobaan yang harus dihadapinya. Termasuk diantaranya ialah menghadapi orang-orang yang tidak senang dengan kehadiran pesantren Daarul Mu’minin Doping. Bahkan beliau (Agustan Ranreng), Selalu dicaci maki oleh orang-orang yang tidak senang dengan pesantren. Semua itu tidak membuatnya pesimis dengan cita-cita luhurnya untuk terus mengembangkan pesantren. Karena dia yakin betul, bahwa jika kita berjuang di jalan Allah, maka Allah pun akan selalu menolong kita.

Diantara langkah-langkah strategis yang dilakukannya dalam merintis pesantren Daarul Mu’minin, yaitu membangun Komonikasi dengan Anre Gurutta di As’adiyah, Para Dermawan dan Pihak  pemerintah

Sebesar apapun rintangan yang kita hadapi akan terasa mudah untuk diselesaikan jika kita mempunyai tekad bulat dan mampu beristiqamah. Demikian nasehat yang selalu disampaikan Oleh Anre Gurutta Almarhum KH. Abdul Malik Muhammad kepada santri se-angkatan Agustan Ranreng. Wujud komitmen dan konsistensi mutlak dibutuhkan dalam perjuangan, hal inilah yang mengantarkan Agustan Ranreng menuju pintu kesuksesannya sebagaimana dulu  yang beliau pernah cita-citakan yaitu untuk membangun pesantren pada saat nyanti di Gurutta Almarhum KH. Abdul Malik.

Setelah melewati masa-masa perjuangan dan pembinaan internal, maka Pondok Pesantren  Daarul Mu’minin Doping membuka sayapnya, melebarkan misi dan cita-citanya mengajarkan Agama Islam dan mendidik anak para fuqaraa dan masakin, sehingga pengurus berupaya untuk pengadaan lokasi pesantren.

Melihat kondisi perkembangan santri pesantren, semakin berkembang jumlah santri, dan bukan hanya santri yang berdomonsili di Doping, bahkan dari luar kecamatan Penrang, sehingga pada tanggal 01 September 2005. Dan pada tanggal 07 Mei 2006 dibuka Madrasah Aliyah Daarul Mu’minin As’Adiyah Doping yang dihadiri langsung oleh Bupati Wajo, ketua DPRD Wajo, unsur Muspida dan lapisan masyarakat kecamatan Penrang.

Untuk mencapai cita-cita Pesantren Daarul Mu’minin Doping Kab. Wajo, maka KM. H. Agustan Ranreng, S.Ag, selalu aktif menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk komunikasi salah satu Pengusaha Sukses kelahiran Kecamatan Penrang yaitu Bapak H. Andi Baso Abdullah, SE yang merupakan menantu mantan Bupati Polmas Alm. H. Andi Kube Dauda, sehingga pada tanggal 07 Maret 2007 telah resmi dinobatkan sebagai Ketua Badan Pembina Yayasan Daarul Mu’minin melalui rapat Badan Yayasan (RBY) sekaligus Pendiri Yayasan, dengan dinobatkannya beliau sebagai Ketua Badan Pembina dan Badan Yayasan, banyak terobosan-terobosan yang dilakukannya.

Pondok Pesantren Daarul Mu’minin terletak di Kelurahan Doping (Ibu Kota Kecamatan Penrang) Kab. Wajo Propinsi Sulawesi Selatan, 42 km dari Kota Sengkang (Ibu Kota Kab. Wajo), arah timur wajo yang menghubungkan Kab. Bone dengan Kab. Luwu, Kab. Wajo dengan Propinsi Sulawesi Tenggara sehingga Pondok Pesantren Daarul Mu’minin Doping Wajo berada pada posisi jalur Pesisir Teluk Bone.

Pendiri
1. Haji Ambo Acca
2. Haji Andi Baso Abdullah
3. KM. H. Agustan Ranreng, S.Ag

Pengasuh
KM. H. Agustan Ranreng, S.Ag

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal
1. PAUD/KELOMPOK BERMAIN
2. TK/RA
3. Madrasah Diniyah Taklimiyah (MDT)   
4. Madrasah Tsanawiyah  (MTs )
5. Madrasah Aliyah (MA)
6. Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK)

Pendidikan Non Formal
 
1. Tahfidzul Quran
  2. Madrasah Diniyah

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Daarul Mu'minin memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :
1. Tilawah dan Tahfidzul Qur’an
2. Kajian Kitab kuning
3. Bimbingan bahasa Arab
4. Bimbingan bahasa Inggris
5. Training Dakwah         
6. Bimbingan Komputer  
7. Bimbingan peserta Olimpiode  
8. Pramuka
9. Santri pecinta Alam
10. PIK Remaja
11. PMR
12. Paskibra
13. Sepakbola
14. Voli
15. Basket
16. OSDM
17. Barjanzi



Hadrah di pesantren Daarul Mu'minin


Praktek komputer di pesantren Daarul Mu'minin

FASILITAS

Pesantren Daarul Mu'minin memiliki fasilitas meliputi:

1. Masjid
2. Ruang belajar 
3. Asrama Pesantren    Gedung Sekolah
3. Perpustakaan
4. Laboratorium Komputer  
5. Puskestren             
6. Minimarket
7. Lapangan  
 


Gedung pesantren di pesantren Daarul Mu'minin


Gedung BLKK di pesantren Daarul Mu'minin

ALAMAT

Jl KH. Muh As' Ad No. 7 Doping, Kab. Wajo, Propinsi Sulawesi Tenggara
Telepon    : 0822-5080-7451, 0852-5578-0119, 0823-3388-8521, 0852-4206-8291
Kode Pos : 90983



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.