Jangan Melihat ke Atas Terus

 
Jangan Melihat ke Atas Terus

LADUNI.ID, Jakarta - Jika melihat orang punya rumah tinggi, kita ingin memilikinya. Ada orang baru keluar dari dealer mobil mewah, kita ngiler ingin memasukkan ke garasi kita. Ada yang pegang hp keluaran terbaru, membuat kita ingin mengantonginya. Kalau begitu terus kapan kita akan bersyukur?

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ، ﻗَﺎﻝَ: ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ اﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ: «اﻧْﻈُﺮُﻭا ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻦْ ﺃَﺳْﻔَﻞَ ﻣِﻨْﻜُﻢْ، ﻭَﻻَ ﺗَﻨْﻈُﺮُﻭا ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻦْ ﻫُﻮَ ﻓَﻮْﻗَﻜُﻢْ، ﻓَﻬُﻮَ ﺃﺟﺪﺭ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺗَﺰْﺩَﺭُﻭا ﻧِﻌْﻤَﺔَ اﻟﻠﻪِ»

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian. Janganlah melihat kepada orang yang lebih tinggi. Hal itu lebih tepat untuk tidak meremehkan nikmat dari Allah" (HR Muslim)

ﻋَﻦْ ﺃَﻧَﺲٍ، ﻗَﺎﻝَ: ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ اﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ: «ﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﻻِﺑْﻦِ ﺁﺩَﻡَ ﻭَاﺩِﻳَﺎﻥِ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻝٍ ﻻَﺑْﺘَﻐَﻰ ﻭَاﺩِﻳًﺎ ﺛَﺎﻟِﺜًﺎ، ﻭَﻻَ ﻳَﻤْﻸَُ ﺟَﻮْﻑَ اﺑْﻦِ ﺁﺩَﻡَ ﺇِﻻَّ اﻟﺘﺮاﺏ، ﻭَﻳَﺘُﻮﺏُ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻦْ ﺗَﺎﺏَ»

Dari Anas bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Jika manusia memiliki 2 jurang berisi harta, maka ia masih menginginkan kekayaan yang ketiga. Tidak ada yang dapat memenuhi perut manusia kecuali tanah (mati). Dan Allah menerima taubat orang yang bertaubat" (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh: Ustadz Ma'ruf Khozin
_______________________________________________________________-
Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari