Majelis Ta'lim Al-Ittihadiyah Bekasi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Ta'lim Al-Ittihadiyah Bekasi

Profil

Jam’iyyah Al-Ittihadiyah awal mula dibentuk adalah pada awalnya adalah pengajian yasinan yang berjalan bergilir dari kontrkan-kontrakan di lingkungan selatan Masjid Al Hidayah atas inisiatif dan keinginan para pendatang/karyawan PT dari berbagai daerah yang mengontrak di lingkungan Masjid Jami’ Al Hidayah, mereka itu adalah : Yoga (Purbalingga), Darmanto (Purbalingga), Sarwono (Purbalingga), Robul (Brebes).

Mereka merasakan betapa pentingnya benteng rohani/pengajian di daerah industri Cikarang ini bagi para pendatang dari berbagai godaan dan gangguan pergaulan yang membahayakan masa depan mereka yang kebanyakan waktu itu masih lajang.

Oleh karena itu, mereka sepakat mencari guru/pembimbing yang pantas dijadikan panutan dan mengajarkan mereka ilmu-ilmu agama. Akhirnya, mereka bertemu dengan Ustadz Muhammad Amrin Sholihin yang kebetulan bertempat tinggal di lingkungan Masjid Al-Hidayah dan membicarakan mengenai maksud mereka untuk mengadakan pengajian.

Akhirnya, ditentukanlah acara pengajian pada malam Senin karena biasanya para karyawan pada hari Ahad/Minggu libur bekerja, jadi malam harinya bisa diharapkan banyak yang hadir.

Pencetus pertama kali nama Jam’iyyah Al-Itthadiyah adalah Ustadz Muhammad Amrin Sholihin atas permintaan dari jama’ah yang kemudian disepakati bersama. Arti Jam’iyyah Al Ittihadiyah adalah Jam’iyyah berasal dari fi’il madhi Jama’a yang berarti berkumpul, kemudian Al Ittihadiyah berasal dari kata Ittihad yang berarti bersatu.

Jadi arti Jam’iyyah Al Ittihadiyah adalah “perkumpulan yang dipersatukan” karena banyak diantara jama’ah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang dipersatukan di dalam jamiyyah ini dalam rangka untuk memperkuat ukhuwah islamiyah dan solidaritas diantara mereka untuk menggapai ridho Allah SWT yang sesuai dengan motto Jam’iyyah Al Ittihadiyah yaitu : “Bersama Menjalin Ukhuwah, Bersatu Dalam Da’wah, Menuju Mardhotillah”. Logo Jam’iyyah Al Ittihadiyah dibuat atas ide dari jama’ah yang diperoleh melalui seleksi dari beberapa ide.

Logo Jam’iyyah al Ittihadiyah dengan segilima berbentuk kelopak bunga melambangkan lima rukun islam, kemudian lima bintang melambangkan empat Khulafa’ur Rosyidin dan Nabi Muhammad SAW, kitab yang dibuka melambangkan semangat menuntut ilmu dari para jama’ah. Serta bola dunia melambangkan universalitas ajaran islam. Kemudian background warna biru melambangkan luasnya ilmu seperti luasnya laut dan langit yang tak ada batasnya.

Jam’iyyah Al Ittihadiyah berlandaskan Ahlussunnah Wal Jama’ah dengan tauhid merujuk kepada Syeikh Abu Musa Al Asy’ari dan Syeikh Abu Hasan Al Maturidi, dan dalam Fiqih memakai Madzhab Imam Syafi’I, serta dalam ilmu tasawuf merujuk kepada Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani

Pengasuh

  1. Ustadz Muhammad Amrin Sholihin
  2.  KH. Ahmad Musthofa

Alamat

Jl. Raya Ciantra No.20, Ciantra, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat

Kode Pos: 17530

Telepon: +6289680761260