Majelis Taklim Miftahul Jannah Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Taklim Miftahul Jannah Semarang

Profil

Majelis Taklim Miftahul Jannah dibentuk pada tanggal 9 Februari 1995 dengan tujuan sebagai media yang merangkul jamaahnya untuk belajar meningkatkan keimanan dan keislaman serta mewujudkan cita-cita sebagai madrasah al-ula dan al-mar'ah as-shalihah. Nama Miftahul Jannah berasal dari inisiatif anggota ibu – ibu itu sendiri.

Miftahul Jannah berasal dari dua kata yaitu Miftah dan Al- Jannah , miftah sendiri merupakan isim alat dari fi’il madhi َ َح ت ف – َ ُ َح ت ْ ف َ ي - ا ً ْح ت َ ف yang artinya adalah alat untuk membuka (kunci) sedangkan Al- Jannah adalah surga. Jadi arti dari kata Miftahul Jannah secara singkat adalah kunci surga.

Ibu- ibu atau anggota majelis taklim berharap perkumpulan ini bisa menjadi wadah untuk mencari ilmu dan juga bisa menggapai kunci surga dan masuk di dalamnya. Ketika awal berdiri, majelis taklim ini belum mempunyai tempat khusus, dikarenakan pada waktu itu belum adanya tempat ibadah seperti masjid ataupun mushola .

Jadi untuk kegiatannya masih berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah yang lain. Sejarah pendirian majelis taklim miftahul jannah ini adalah cikal bakal berdirinya masjid Miftahul jannah. Sekitar bulan September 1995 pengembang perumahan bersama warga mendirikan sebuah masjid.

Setahun kemudian tepatnya di tahun 1996 pembangunan masjid selesai dan mulai aktif digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan pada tahun 1997 serta diberi nama Masjid Miftahul Jannah.

Visi dan Misi Majelis Ta'lim Miftahul Jannah

Layaknya perkumpulan organisasi pada umumnya, majelis taklim miftahul jannah juga mempunyai visi dan misi sebagai alat dan tujuan untuk bekerja dan mengabdi kepada masyarakat. Adapun visi dan misi majelis taklim miftahul jannah adalah sebagai berikut:

Visi :

“Sebagai media ta'lim keagamaan untuk membentuk masyarakat yang muttaqin”

Misi :

1. Menjadikan ibu sebagai potret muslimah seutuhnya.
2. Meningkatkan kualitas mental dan spiritual ibu.
3. Membentuk ibu yang cerdas dan berakhlakul karimah

Kegiatan

Pada awal berdirinya, majelis taklim ini tidak begitu banyak kegiatan yang diagendakan, kegiatannya hanya pengajian saja. Akan tetapi dengan bertambahnya tahun majelis taklim ini semakin berkembang, banyak sekali kegiatan yang diagendakan mulai dari pengajian, latihan rebana, Majelis Salawat Dibaiyah, Menyelenggarakan acara PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), menyiapkan takjil buka puasa dan masih banyak lagi kegiatankegiatan yang bersifat keagamaan dan sosial.

Pengasuh

Ibu Hj. Ain Ainul Ghurroh MA. Imroni

Alamat

Perumahan Beringin Indah, kecamatan Ngaliyan, Semarang