Majelis Al Khidmah Kab. Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Al Khidmah Kab. Semarang

Profil
Majelis Al Khidmah masuk ke Kabupaten Semarang diperkenalkan kepada masyarakat oleh KH. Abdul Wahab (pengasuh Pondok Pesantren Al-Mansur Ungaran) dan KH. Hasanudin, MH. Pada tahun 2003. Awal mulanya mengadakan majelis-majelis tahlil (iklilan) dari masjid ke masjid secara berkeliling (safari) dengan ruang lingkup Kota Ungaran dan sekitarnya. Al Khidmah waktu itu berpusat di kantor Radio Rasika Jl. Semangka  No. 7 Ungaran Timur yang  pimpinannya adalah   bapak   KH.   Hasanudin,   MH.  

Dan sekarang sekretariat  Al Khidmah Kabupaten Semarang berpusat di Ruko Amaya CC 11, Jl. MT Haryono, Sidomulyo Ungaran Berkembangnya para jama’ah Al Khidmah di kabupaten Semarang dan mendapat  dukungan dari masyarakat maka dibentuklah sebuah kepengurusan.Terpilihlah ketua umum pertama jamaa’ah AlKhidmah yaitu bapak Budiono (Anggota TNI aktif pada saat itu). Pada rintisan dan kepenguruan tersebut diselenggrakanlah majelis dzikir Khushushy al-khotmy yang masih menginduk di Masjid Baitur Rahman Simpang  Lima Semarang dan mengadakan mejelis manakib selapanan di Masjid-masjid Kota Ungaran.

Pada tanggal 25 Desember tahun 2005, KH  Ahmad Asrori  al-Ishaqy  r.a. mendeklarasikan jama’ah Al  Khidmah di Meteseh Semarang. Sekarang dijadikan Pondok Pesantren Assalafi  Al-Fitrah dan sebagai  pusat  kegiatan majelis manakib selapanan tingkat Jawa Tengah. Dalam deklarasi sekaligus acara sarasehan jama’ah Al Khidmah Indonesia dan Asia di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Semarang menyetujui dan  menyepakati secara resmi bapak KH.  Hasanudin, MH.terpilih sebagai ketua umum pertama.  

Jadi terbentukya kepengurusan Al Khidmah di kabupaten Semarang itu sebelum deklarasi Al Khidmah Indonesia. Setelah deklarasi di  Meteseh Semarang, kemudian kepengurusan di kabupaten Semarang yang masih di ketuai bapak  Budiono diadakanlah pemilihan ketua atau kepengurusan yang baru. Melalui Musyawarah Daerah  (Musda)  ke  I, terpilihlah ketua yang baru yaitu bapak Drs. Imam Sunaryo. Pada kepengurusannya bapak  Drs.Imam Sunaryo tersebut kegiatan Al Khidmah mulai merambah dan berkembang di 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.

Majelis dzikir Khusushushy  al-khotmyjuga  bertambah  menjadi  5  tempat,  30  majelis  iklilan  dan manakib dengan estimasi jama’ah sekitar 5. 000 orang. Pada akhirnya di tahun 2006 menyelenggarakan  majelis  Haul  Akbar  yang  pertama  Kabupaten  Semarang  di Masjid Ikatan Persatuan Haji Indonesia (IPHI) Al Mabrur Ungaran Timur.Pada  tanggal  06  Mei  2009  Pengurus  Pusat  Al  Khidmah  mengamanatkan kepada team 9 untuk melakukan reshuffle kepada pengurus Al Khidmah Kabupaten Semarang   masa   Khidmah   tahun   2007-2010.  

Setelah   mendapat   amanat   secara langsung   dari   Pengurus   Pusat   Al   Khidmah   kemudian   ditindaklanjuti   dengan mengadakan Musayawarah Daerah (MUSDA) ke II Kabupaten Semarang di Masjid Jabal  Khoir  kampus  UNDARIS  Ungaran. Hasil  MUSDA  tersebut  terpilihlah  KH. Muhammad Zaenuri sebagai ketua umum masa khidmah tahun 2010-2013.

Pada fase pengembangan yang kedua ini, jama’ah Al Khidmah tumbuh dan berkembang yang semula hanya  ada  5  kecamatan  di  Kabupaten Semarang  menjadi 16 kecamatan diantaranya,yaitu Kecamatan Ungaran Timur, Ungaran Barat, Pringapus, Bergas, Tuntang, Pabelan, Bringin, Susukan, Suruh, Tengaran, Bawen, Bandungan, Banyubiru, Sumowono, Bancak dan Kaliwungu. Juga ditambah lagi di dua Kecamatan Kota Madya Semarang yaitu Gunung Pati dan Banyumanik.

Bertambah dan berkembangnya Al Khidmah pada tahun 2019 terdapat 75 tempat majelis Iklilan/Manakiban yang tersebar di 19 Kecamatan. Mulai tahun 2006 sampai 2019 Al Khidmah Kabupaten Semarang sudah menyelenggarakan Haul Akbar sebanyak 14 kali Kemudian pengurus Al Khidmah Kabupaten Semarang pada tanggal 03 Februari 2013 mengadakan Rakerda yang ke 6, di MI Ma’arif Keji, Ungaran Barat. Para peserta Musda ke 6 tersebut masih memberi kepercayaan kepada KH. Muhammad Zaenuri yang terpilih kembali menjadi Ketua Umum masa khidmah tahun 2013-2016.

Kemudian pada pada hari Ahad, 30 Juni 2019 pengurus daerah Al Khidmah Kabupaten Semarang menyelenggarakan lagi musyarawarah daerah dan rapat kerja daerah yang ke-IV bertempat di PP. PAUDNI Ungaran. Hasil musyawarah daerah tersebut terpilihlah BapakSupriyono, M.Pd sebagai ketua umum Al Khidmah Kabupaten Semarang masa khidmah tahun 2019-2022.

Jama’ah Al Khidmah dari bebagai acara di beberapa kecamatan di Kabupaten Semarangsudah menyebar luas di masyarakat dan di berbagai kalangan yang tidak membeda-bedakan  jabatan, kedudukan, kekayaan  dan  partai  politik manapun. Organisasi Al Khidmah telah tercatat secara resmi di Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor Akte AHU 25 AH 01.06 Tahun 2011.3.

Visi dan Misi Al Khidmah
a.Visi Al Khidmah

"Mewujukan generasi yang shalih shalihah sejahtera lahir dan batin, yang pandai  bersyukur, dapat menyenangkan hati keluarganya, orangtuanya,  guru-gurunya hingga Nabi Muhammad SAW sesuai dengan petunjuk al-Qur’an dan hadis serta tuntunan ahklak para Salafuna as-Shalih."

b.Misi Al Khidmah
1)Mewujudkan keluarga yang shalih shalihah sejahtera lahir dan batin, yang senang berkumpul dalam majelis dzikir, maulid dan manaqib serta kirim doa kepada orang tua.
2)Mewujudkan masyarakat yang shalih shalihah sejahtera lahir dan batin, yang senang berkumpul dalam majelis dzikir, maulid dan manaqib serta kirim doa kepada orang tua.
3)Mewujudkan pejabat yang shalih shalihah sejahtera lahir dan batin, yang senang berkumpul dalam majelis dzikir, maulid dan manaqib serta kirim doa kepada orang tua.
4)Mewujudkan pengurus jama’ah  Al Khidmah yang mampu memfasilitasi terselenggaranya majlis dzikir, maulid dan manaqib serta kirim doa kepada orang tua.
5)Mewujudkan pengurus  Al Khidmah di seluruh tanah air dan di beberapa negara tetangga.
6)Mewujudkan usaha-usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga lebih istiqamah beribadah .

Pengurus
1)Ketua:  KH. Muhammad Zaenuri
2)Wakil Ketua I:  H. M. Aris Muji Widodo, SH,M.Hum.
   Wakil Ketua II:  Kardiman
3)Sekretaris:  Syahrul Munir, SE
a)Wakil Sekretaris:  Ali Sujiono, S,Pd.
b)Wakil Sekretaris:  M. Solihin, ST.
4)Bendahara:  M. Nur Kholis
a)Wakil Bendahara:  M. Sutrisno
b)Wakil Bendahara:  Muhafidd.
Bidang-Bidang
1)Kepala Bidang Organisasi: Supriyono, M.Pd.Anggota : Shohibul Makmun, S.Pd.
2)Kepala Bidang Penyelenggaraan Majelis : Ustadz Faqih Al HafidzAnggota : Ustadz Harisun, Ustadz Mukhlasin
3)Kepala Bidang Pelajar & Mahasiswa : Abdul Ghoni, S.Pd.I.Anggota: Adli Hidayat, SH.
4)Kepala Bidang Dana & Usaha: Roni PujiyantoAnggota : Pintoko Ariwibowo, H. As’ad, M. Qosim.
5)Kepala Bidang Pendidikan: SasmitoAnggota : M. Sokhib, Rokan, Gus Birun
6)Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan : ibu Siti RohmahAnggota: Ibu Wahyu, ibu Muthomimah, Titik Indriyana, S. Sos.I, dan Bu Ihsan.
7)Kepala Bidang Humas/ Kominfo : M. Ardiyanto, S,IP
   Anggota : Bambang Riyanto, SH. Aris, Fatin, M. Soleh,
8)Kepala Bidang Mobilisasi Jama’ah : MukhlisinAnggota  :  Rohmiyadi,  Sutrisno,  Warseno,  Dulrohman,  Amir  Syafrudi, Tohir, Hanafi Faiz.
9)Kepala Bidang Kesekretariatan: Muh KamadunAnggota   :   H.   Imam   Rosyidi,   Beny   Setiawan   Gundong,   Agusnanto, Wagiman,  Mohayen,  Mujiono,  Ahmad  Rodli,  Rohman,  Hidlayat  Jawas.

(Musda IV & Rakerda PD. Al Khidmah Kabupaten Semarang, 2019:10-12)

Kegiatan
Kegiatan danAmaliahMajelis Dzikir Khushushy Al-khotmyKegiatan dan amaliyahmajelis dzikir khushushy al-khotmysudah tercantum di dalam buku Pedoman Kepemimpinan, Kepengurusan dalam Kegiatan, Amaliyah Ath-Thoriqoh  dan  Al  Khidmah  tentang  Anggaran  Dasar  dan  Anggaran  Rumah Tangga AD/ART. Di dalam AD/ART tersebut berisi tentang:

1)Bidang Agama
a)Menyelenggarakan  majelis  dzikir, Mauliddan  manakib  serta  kirim  doa kepada orang tua dan guru-gurunya.
b)Menyelenggarakan majelis Shalat malam
c)Menyelenggarakan Majelis Ta’lim
d)Menyelenggarakan majelis lamaran atau Khitbah
e)Menyelenggarakan majelis Akad nikah
f)Menyelenggarakan majelis Tingkepanatau   selamatan   tujuh   bulan kandungan
g)Menyelenggarakan majelis memberi nama anak atau Walimah at-Tasmiyyah
h)Menyelenggarakan majelis Sunatanatau Khitanani)Menyelenggarakan majelis Khotmil al-Qur‟an
j)Menyelenggarakan Majelis Sya‟bandan lain-lain.
2)Bidang pendidikan
a)Proses belajar mengajar dengan sistem Pondok Pesantren as-Salafi.
b)Menyelenggarakan pendidikan formal (TK s/d Universitas).
3)Bidang   Sosial   berfungsi   untuk   menyelenggarakan   pelayanan   kesehatan masyarakat.
4)Bidang Ekonomia)Mengupayakan tumbuhnya ekonomi kerakyatanb)Mendorong  tumbuh  kembangnya   KOPERASI  masyarakat.

Alamat
Sekretariat Majelis Al Khidmah di Masjid Al Mabrur Ungaran Timur
Jl. Ahmad Yani, Putotan, Sidomulyo, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah
Kode Pos:  50514
Telepon: (024) 6924-088